kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agen perjalanan geber promosi akhir tahun


Jumat, 22 September 2017 / 17:35 WIB
Agen perjalanan geber promosi akhir tahun


Reporter: Ivana Wibisono | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Menjelang liburan akhir tahun 2017, beragam agen perjalanan mengadakan promosi untuk menggeber pelanggan. Salah satunya adalah Obaja Tour and Travel. Obaja mengadakan promo diskon tiket pesawat domestik 5%-15% dan 15%-20% internasional.

Sementara Panorama JTB Tours melakukan beragam promo, salah satunya Weekend Sale. Panorama memberikan diskon 10%-20% untuk penerbangan domestik dan internasional. Promo ini hanya berlaku hingga November 2017. Selain itu, Panorama JTB memberikan harga promo menggunakan kartu kredit tertentu, promo beli dua gratis satu dan doorprize.

Obaja menjagokan beberapa rute penerbangan internasional terdiri dari Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Amsterdam. Sedangkan untuk rute domestik seperti Bali, Banyuwangi dan Raja ampat. Di lain sisi, Panorama JTB menjagokan Kuala Lumpur, Thailand, Singapura dan Jepang untuk rute internasional dan Bali dan Yogyakarta untuk domestik. 

Menurut Retail General Manager Obaja, Mulyawan, pasar tour and travel saat ini sangat bersaing. "Meskipun harga kami sedikit mahal tetapi customer bisa merasakan ada kepuasan," ujar Mulyawan saat ditemui Kontan.co.id, Jumat (22/9).

Meski harus bersaing secara harga, Obaja tidak mengurangi margin untuk bisa bertahan dalam kompetisi ini. Sebab Obaja memiliki target sendiri dengan cara menaikkan target penjualan lebih tinggi dan menggeber promosi melalui media sosial, kantor cabang, gimmick, dan word of mouth

Obaja menargetkan pertumbuhan pendapatan tahun 2017 sebesar 30% dibanding realisasi pendapatan tahun lalu yang sebesar Rp 1,4 triliun. Tiket pesawat memberikan kontribusi 60% hingga 65% ke pendapatan, sedangkan sisanya dari hotel, tour, dan lain-lain.

Sementara Manager of Retail Sales Support Specialist Panorama JTB, Lestari T. Oktaviani mengatakan, pihaknya berstrategi mengecilkan margin hanya di beberapa cabangnya saja dan tergantung persaingan di sekitar cabang tersebut. 

Panorama JTB menargetkan pendapatan dari segi ritel sebesar Rp1,525 triliun. Hingga saat ini, realisasinya sudah 60% dari target. Kontribusi tiket pesawat ke pendapatan sebesar 60%.

Salah satu cara para travel agent ini mengejar target adalah dengan mengikuti Garuda Travel Fair (GATF) 2017 fase II. Dalam pameran ini, Obaja memberikan beragam hadiah dengan pembelian jumlah tertentu. Misalnya, pembelian di atas Rp 3 juta, customer akan mendapatkan undian untuk mendapatkan hadiah travel voucher, liburan gratis ke Bangkok, dan motor Yamaha Mio Z. Customer juga bisa mendapatkan hadiah merchandise Obaja dengan tanpa batasan jumlah pembelian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×