kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AirAsia Indonesia (CMPP) Raih Kinerja Positif hingga Kuartal III-2023


Minggu, 19 November 2023 / 16:16 WIB
AirAsia Indonesia (CMPP) Raih Kinerja Positif hingga Kuartal III-2023
ILUSTRASI. Industri aviasi pulih, AirAsia Indonesia (CMPP) Raih Kinerja Positif hingga kuartal III-2023


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan maskapai penerbangan, PT AirAsia Indonesia Tbk  (CMPP) berhasil mencetak pencapaian positif hingga kuartal ketiga 2023. Pendapatan CMPP terpantau bertumbuh hampir 100% dibandingkan posisi yang sama tahun lalu. 

Direktur Utama CMPP Veranita Yosephine menyatakan bahwa tahun 2023 merupakan fase recovery dunia aviasi Indonesia. Hal ini tercermin dari pencapaian kinerja keuangan yang  positif dan perlahan mulai pulih dari dampak pandemi. 

“Kami sangat senang dengan pencapaian ini, terutama dengan kembali bergairahnya industri aviasi di Indonesia, sehingga Indonesia AirAsia dapat terus menjadi salah satu moda pilihan transportasi masyarakat,” ungkap Veranita, dalam siaran pers, Jumat (17/11).

Pihaknya seraya optimistis bahwa pencapaian saat ini akan menjadi landasan yang kokoh untuk meraih kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang. 

Baca Juga: Pendapatan AirAsia Indonesia (CMPP) Terbang 97% pada Kuartal III 2023

CMPP mencatat, hingga akhir September 2023 pihaknya membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 97% menjadi Rp4,9 triliun, dibandingkan dengan Rp2,5 Triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Peningkatan pendapatan tersebut diatribusikan pada pemulihan penuh dari dampak pandemi dan meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Dari segi statistik operasional, Indonesia AirAsia mencatat peningkatan signifikan. Dengan penambahan pesawat yang beroperasi dari 16 menjadi 23 pesawat, kapasitas meningkat hingga 95%, dan jumlah penumpang naik hingga 4,5 juta per September 2023. 

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada penumpang, maskapai juga berhasil mengoperasikan 35 rute penerbangan, terdiri dari 14 rute domestik dan 21 rute internasional, dengan total frekuensi mencapai 400 penerbangan setiap minggu.

Selain adanya peningkatan pendapatan, Indonesia AirAsia berhasil memperbaiki EBITDA-nya dari Rp -718 Miliar menjadi Rp -30 Miliar di tahun ini. 

“Ini mencerminkan upaya perusahaan dalam mengelola efisiensi operasional,” jelasnya. 

 

Dia melanjutkan, tahun 2023 juga menandai pencapaian berbagai kegiatan dan inisiatif strategis. Indonesia AirAsia berhasil meluncurkan livery Danau Toba pada salah satu pesawatnya bersama Tobatenun, BPODT, dan InJourney. 

Tak hanya itu, CMPP juga berkolaborasi dengan pihak pariwisata Australia Bagian Barat untuk rute internasional, membuka rute penerbangan langsung Jakarta menuju Kuching yang bekerjasama dengan Kementerian Transportasi Sarawak, Badan Pariwisata serta membuka rute-rute baru, baik domestik maupun internasional, yang telah mendukung ekspansi perusahaan.

Sebagai langkah lanjutan, Indonesia AirAsia telah menetapkan tujuan ambisius untuk tahun 2024. 

“Dengan rencana mengoperasikan 32 pesawat, maskapai berkomitmen untuk memaksimalkan pendapatan dan memperkuat hub utamanya di Jakarta dan Denpasar,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×