kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.902.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.450   167,00   1,00%
  • IDX 6.816   48,94   0,72%
  • KOMPAS100 985   6,24   0,64%
  • LQ45 763   1,83   0,24%
  • ISSI 216   1,39   0,64%
  • IDX30 397   1,52   0,38%
  • IDXHIDIV20 474   2,31   0,49%
  • IDX80 111   0,22   0,20%
  • IDXV30 115   -0,82   -0,71%
  • IDXQ30 130   0,67   0,52%

Airport tax Bandara Soetta naik, Menhub: Kenaikan masih dibawah akumulasi


Kamis, 01 Maret 2018 / 16:49 WIB
Airport tax Bandara Soetta naik, Menhub: Kenaikan masih dibawah akumulasi
ILUSTRASI. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan resmi menaikkan pajak bandara (airport tax) untuk Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau passenger services charge (PSC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, hari ini Kamis (1/3).

Kenaikan tersebut berdasarkan Surat Menteri Perhubungan Nomor PR 303/1/1/PHB Tahun 2018 tentang Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan kenaikan yang terjadi antara 15% hingga 40%. Hal itu menurut dia masih di bawah angka kenaikan yang semestinya jika dihitung berdasarkan inflasi dalam enam tahun terakhir.

Pasalnya menurut Kementerian Perhubungan rata-rata kenaikan biaya operasional pelayanan 13% per tahun.

"Sebenarnya jika dihitung, akumulasi kenaikannya lebib dari 50%. Tapi saya kasih hanya secukupnya. Supaya cost mereka tercover," ujar Budi Karya, Kamis (1/3).

Kenaikan airport tax ini yakni pada terminal 1 dari Rp 50.000 menjadi Rp 65.000. Terminal 2 domestik semula Rp 60.000 menjadi Rp 85.000, tapi untuk terminal 2 internasional tidak ada kenaikan.

Selanjutnya, pada terminal 3 domestik tidak ada kenaikan. Namun untuk terminal 3 internasional jika sebelumnya airport tax Rp 200.000, saat ini naik menjadi Rp 230.000.

Sebelumnya, Senior Manager Of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport, Erwin Revianto menyatakan, kenaikan ini akan diiringi penambahan kualitas pelayanan fasilitas penumpang.

Di antaranya, self check in, timbangan bagasi untuk layanan , self check-in kiosk, video contact center, vending machine, walking distance digital Information, kereta layang (skytrain).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×