kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhir September, Tol Layang Jakarta-Cikampek ditargetkan rampung


Jumat, 28 Juni 2019 / 23:48 WIB
Akhir September, Tol Layang Jakarta-Cikampek ditargetkan rampung


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Jalan layang Cikampek (JJC) mengeklaim pengerjaan konstruksi jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek telah mencapai 86 % hingga akhir Juni ini.

“Jadi, pekerjaan fisiknya telah mencapai 86 % dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir September 2019 untuk selanjutnya dilakukan uji layak fungsi dan layak operasi,” kata Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6).

Ia menambahkan, pekerjaan konstruksi jalan tol sepanjang 36,40 kilometer itu masih menyisakan 139 steel box girder yang belum terpasang dari total 2.585 steel box girder. Pelaksanaan pemasangan steel box girder disebutkan Djoko berlangsung tiap hari pada pukul 22.00-05.00 WIB.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan berbagai pihak pelaksana proyek-proyek lain yang berada di sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek, seperti LRT Jakarta-Bekasi Timur, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing agar pelaksanaan pembangunan proyek-proyek di sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek tidak saling bersinggungan.

“Kendala yang dihadapi sementara ini adalah mengatur sequence (urutan) pekerjaan dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat di dalam window time," kata dia.

"Solusinya adalah merencanakan pekerjaan dengan sangat detil dan baik karena ada beberapa pekerjaan proyek yang bersamaan, serta tentunya dengan menerapkan metode kerja yang lebih ramah terhadap kondisi lalu lintas,” ujar Djoko.

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Jalan tol itu sebagian berada tepat di atas ruas Tol Jakarta-Cikampek yang telah ada saat ini. 

Nantinya, jalan tol baru ini diproyeksikan untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akan menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung.

Jalan tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur. (Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Layang Jakarta-Cikampek Diperkirakan Selesai September",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×