kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Akhir tahun, jumlah penumpang kereta api naik 4%


Selasa, 09 Januari 2018 / 09:00 WIB
Akhir tahun, jumlah penumpang kereta api naik 4%


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta memberangkatkan 613.729 penumpang selama angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang berlangsung sejak 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018.

"Jumlah penumpang yang diangkut tahun ini meningkat 4% jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 588.093 penumpang," ungkap Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo dalam keterangan resmi, Selasa (9/1).

Dari jumlah penumpang yang diangkut tersebut, sebanyak 347.606 penumpang atau sekitar 57% diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen, 241.595 penumpang (39%) dari stasiun Gambir, dan sisanya dari stasiun keberangkatan lain sebesar (7%).

Selama 17 hari masa libur tersebut, tercatat data jumlah keberangkatan tertinggi terdapat di Stasiun Gambir pada 29 Desember 2017 sebanyak 18.220 penumpang dan di Stasiun Pasar Senen pada 22 Desember 2017 sebanyak 22.535 penumpang.

Sementara jumlah kedatangan tertinggi di Stasiun Gambir terjadi pada 1 Januari 2018 sebanyak 16.812 penumpang dan di Stasiun Pasar Senen terjadi juga pada tanggal yang sama sebanyak 19.863 penumpang.

Secara umum, pelaksanaan angkutan berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan kereta api pada masa akhir tahun.

Mengantisipasi natal dan tahun baru, PT KAI Daop 1 Jakarta total menyiapkan 72 kereta api terdiri dari 55 kereta api regular dan 17 kereta api tambahan. Penambahan sarana ini dilakukan mengingat masa liburan natal dan tahun baru yang bersamaan dengan libur sekolah, sehingga dipastikan terjadi pelonjakan penumpang yang signifikan.

Pada masa angkutan natal dan tahun baru, penumpang KA juga sudah bisa memanfaatkan pelayanan e-boarding pass, melalui aplikasi KAI Access versi ter-update, calon penumpang tidak perlu lagi mencetak tiket check in.

Itu artinya penumpang kereta api semakin dimudahkan pada perjalanan masa angkutan natal dan tahun ini. Dengan aplikasi ini fasilitas check in secara online bisa dilakukan langsung dari aplikasinya. Setelah melakukan check in melalui aplikasi, pengguna jasa kereta api akan mendapatkan e-boarding pass. Proses check in dan unduh e-boarding pass ini dapat dilakukan mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×