Reporter: Abdul Wahid Fauzie | Editor: Test Test
JAKARTA. Ceruk pasar minuman sari buah masih menganga lebar. Tak heran, produsen minuman kini berlomba terjun ke bisnis tersebut. Termasuk yang sebelumnya tak pernah menyentuh bisnis sari buah. Salah satunya adalah PT Sinar Sosro, produsen minuman teh merek Teh Botol Sosro.
Ketua Bidang Minuman Sari Buah Asosiasi Industri Minuman Ringan Farchad Poeradisastra mengatakan, ada tiga perusahaan besar yang berniat menggarap minuman sari buah, satu di antaranya PT Sinar Sosro. "Kemungkinan mereka akan mengeluarkan produk sari buah tahun ini, selambat-lambatnya akhir 2009," tegasnya, Jumat (19/9).
Farchad bilang, Sosro sudah ngebet terjun ke bisnis sari buah. Itu ditunjukkan dengan rampungnya akuisisi Country Choice Jus, perusahaan minuman jus buah lokal, tahun ini. "Akuisisinya selesai pada Juli senilai Rp 55 miliar," tegasnya.
Banyaknya perusahaan yang menggarap bisnis pasar minuman sari buah, karena pertumbuhan pasar ini terbilang pesat. "Setiap tahun tumbuh 15% hingga 20%," katanya. Apalagi, saat ini bisnis sari buah baru 5% dari total pasar minuman, sehingga bisnis ini masih menjanjikan.
Sayang, manajemen PT Sinar Sosro enggan mengomentari soal akuisisi itu. Agus Susilarto, Manager Marketing PT Sosro menolak komentar. "Saya tidak punya hak untuk bicara," katanya. Bahkan, ia juga enggan mengatakan apakah perusahaannya akan terjun ke bisnis minuman sari buah. "Saya belum dengar," tegasnya, singkat.
PT Sinar Sosro adalah perusahaan air minum teh dalam botol merk Teh Botol Sosro. Perusahaan ini berdiri pada 1974 di kawasan Ujung Menteng dengan pendiri keluarga Sosrodjojo.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Minuman, hingga pertengahan 2008, sudah ada 20 perusahaan besar yang menggarap pasar sari buah. Selain itu, ada juga 35 industri kecil menengah (IKM) yang bergerak di industri sari buah. Total merek sari buah yang beredar saat ini 60 merek.
Selain PT Sosro, PT Coca Cola Indonesia juga ikut meramaikan pasar buah. Kamis (18/9), Coca-Cola meluncurkan Minute Maid Pulpy Orange, minuman rasa buah. "Kategori minuman siap saji dengan kandungan jus dan sari buah tumbuh sangat pesat, sekitar 12% tiap tahunnya," kata Yessy Lestarina Harahap, Sr Brand Manager PT Coca Cola Indonesia, beralasan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News