kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alfaria Merambah Gerai Kesehatan


Jumat, 19 Juli 2013 / 07:15 WIB
Alfaria Merambah Gerai Kesehatan
ILUSTRASI. Rekomendasi saham PURE, KOBX dan BMRI secara teknikal. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Amailia Putri

jakarta. Rencana PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk untuk terjun ke bisnis ritel kesehatan dan kecantikan akhirnya terwujud. Anak usahanya,
PT Sumber Indah Lestari, resmi memiliki gerai ritel perdana dengan mengusung merek DAN+DAN. Emiten berkode saham AMRT ini menargetkan bisa membuka 30 gerai hingga akhir tahun.

Gerai pertama Sumber Indah berlokasi di Kota Wisata Cibubur, Jakarta Timur. Konsep gerai DAN+DAN tidak jauh beda dengan Alfamart. Hanya saja, produk DAN+DAN didominasi produk kesehatan dan kecantikan.

Sedangkan produk-produk makanan dan minuman tetap dijajakan, tetapi porsinya tidak terlalu besar. Fernia Rosalie Kristanto, Managing Director Sumber Indah Lestari berpendapat, saat ini, masyarakat lebih memperhatikan faktor kesehatan dan kecantikan. "Kami berharap hal itu akan mendorong perkembangan bisnis DAN+DAN di masa mendatang," ujarnya, Kamis (18/7).

Bangun 100 gerai

Fernia tidak menampik, kompetisi bisnis ritel kesehatan dan kecantikan kian ketat. Sebagai strategi, Sumber Indah menawarkan beberapa layanan yang tidak dimiliki ritel sejenis. Misalnya, menyediakan jasa make over, cuci rambut, cek kulit, dan pembagian sampel produk.

Manajemen Sumber Indah optimistis, layanan itu mampu menjaring pelanggan. Setelah membuka gerai pertama di Cibubur, Sumber Indah akan kembali meresmikan gerai kedua. Gerai ini terletak di Graha Raya, Tangerang Selatan. Jika tidak ada aral melintang, gerai anyar tersebut bakal dibuka akhir bulan ini.

Gerai DAN+DAN, kata Fernia, akan lebih banyak dibuka di kawasan perumahan. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan diri dengan konsumen. "Terutama perumahan yang sesuai dengan target pasar kami yaitu segmen B dan C plus," imbuhnya.

Manajemen AMRT menargetkan bisa membuka 30 gerai gerai DAN+DAN hingga pengujung 2013. Sebagai permulaan, perusahaan itu akan fokus menggarap pasar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Tahun depan, perusahaan pemilik jaringan minimarket Alfamart ini akan melakukan ekspansi yang lebih masif lagi. Sumber Indah diharapkan bisa membuka sedikitnya 100 gerai baru. Tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga meluas hingga ke Bandung.

Menurut Fernia, perusahaan ritel ini akan mengeluarkan kocek sekitar Rp 1,5 miliar untuk membangun satu gerai DAN+DAN seluas 100 meter persegi (m²). AMRT tampaknya memang serius mengembangkan bisnis kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut tecermin dari adanya pusat distribusi DAN+DAN di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Pusat distribusi ini mampu memasok hingga 200 gerai. Perusahaan harus mengeluarkan dana sekitar Rp 20 miliar hingga Rp 30 miliar untuk menyewa pusat distribusi ini. Sayang, Fernia belum mau mengungkap target penjualan DAN+DAN pada tahun pertama operasionalnya ini.

Fernia hanya menyatakan bahwa kontribusi Sumber Indah terhadap pendapatan Sumber Alfaria secara keseluruhan belum signifikan di tahun ini. Ditargetkan, bisnis ini sudah bisa balik modal (BEP) dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×