kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.504.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.935   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Alokasikan dana marketing, developer bayarin cicilan KPR konsumen


Senin, 31 Agustus 2020 / 17:31 WIB
Alokasikan dana marketing, developer bayarin cicilan KPR konsumen
ILUSTRASI. Perumahan Royal Tajur


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah tantangan pandemi Covid-19, pengembang dituntut untuk inovatif agar bisa tetap jualan. Terbatasnya kegiatan pemasaran lewat event yang bisa mendatangkan banyak orang membuat developer harus mengeluarkan jurus-jurus pamungkas marketing, menyesuaikan dengan kondisi saat ini. 

PT Tajur Surya Abadi misalnya, menggelar program bertajuk Merdeka Cicilan hingga tahun depan. Lewat program itu, pengembang perumahan Royal Tajur ini akan membayari cicilan (bukan libur) konsumennya sampai 8 bulan, dan memberikan jaminan sewa (khusus apartemen fully furnished) sehingga 2 tahun. Konsumen hanya perlu membayar uang muka 10% yang senilai furniture dan elektronik.

Hendra Gunawan General Manager Royal Tajur menerangkan,  dana yang digunakan pengembang untuk  “memerdekakan” cicilan konsumen selama 8 bulan itu adalah pengalihan dari budget marketing dan promo, yang selama pandemi Covid-19 ini tidak terpakai. 

“Sejak Maret 2020, rata-rata developer memangkas budget marketingnya. Kegiatan pameran, pembuat flayer, dan billboard berkurang drastis, bahkan tidak ada. Anggaran marketing dan promosi dari Maret hingga Desember tahun ini ingin kita berikan ke konsumen, dengan menanggung cicilan mereka selama 8 bulan,” kata Hendra dalam keterangan resminya, Senin (31/8).

Baca Juga: BTN dan Intiland tawarkan program KPR 3 on 3, bunga 4,99% fixed 2 tahun

Hendra mengatakan, umumnya biaya marketing dan promo itu 4% dari gross sales. Jika ditambah dengan komisi sales bisa mencapai 7%-8%. Budget inilah yang diberikan kepada konsumen melalui promo Merdeka Cicilan. Promo ini terbatas hanya untuk 15 unit, pembelian apartemen, rumah tapak dan kavling, dan berlaku hanya di bulan September. 

Promo ini, jelas Hendra,  dibagi dua. Produk harga Rp1 miliar ke bawah akan bayari cicilannya  8 bulan. Dan produk di atas Rp1 miliar (rumah hook dan kavling besar) diberikan diskon besar di depan yang nilainya bisa sampai ratusan juta rupiah dan free biaya KPR. 

"Jadi promo kami sangat berbeda dengan developer-developer lain yang saat ini ada juga promo bayarin cicilan 1 tahun, bahkan lebih 2 tahun, yang pastinya dari harga dinaikin dahulu. Kalau kami dari alokasi anggaran, boleh dicek pricelist before after ada promosi ini,” pungkas Hendra.



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×