Reporter: Leni Wandira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren gaya hidup sehat terus menjadi ceruk pasar yang menarik bagi pelaku industri minuman fungsional.
Melihat peluang tersebut, ION WATER, produk minuman ion rendah kalori dari PT Amerta Indah Otsuka, kembali menggelar IONATION 2025. Yakni festival workout dan wellness tahunan yang tahun ini memasuki edisi keenam di Nusantara International Convention Exhibition (NICE), PIK 2 Jakarta, Sabtu (30/8/2025).
Gelaran ini menegaskan strategi Otsuka dalam memperluas penetrasi pasar di segmen konsumen yang semakin sadar pentingnya keseimbangan kesehatan fisik dan mental. Tak hanya menjadi ajang olahraga massal, IONATION juga dikemas sebagai platform yang mempertemukan berbagai komunitas gaya hidup sehat.
Menurut Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, jumlah peserta IONATION terus meningkat tiap tahun, sejalan dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat.
Baca Juga: Cukai Minuman Manis Mulai Berlaku 2026, Berapa Tarifnya?
Tahun 2025 ini, acara menghadirkan 80 kelas workout, 33 jenis olahraga berbeda, hingga talkshow soal kesehatan mental, wellness, dan finansial.
"Kami berupaya menghadirkan olahraga yang relevan dengan tren, misalnya fitness race simulation untuk komunitas Hyrox serta olahraga padel yang sedang naik daun,” ujarnya di PIK, Tangerang, Sabtu (30/8/2025).
Pemerintah juga melihat potensi ekonomi sekaligus manfaat kesehatan dari kegiatan semacam ini. dr. Imran Pambudi, Direktur Pelayanan Kesehatan Kelompok Rentan Kementerian Kesehatan, menyebut inisiatif seperti IONATION berkontribusi pada kampanye nasional peningkatan aktivitas fisik, yang terbukti penting tidak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga mental.
Baca Juga: Ekonom Prediksi Penerimaan Cukai Minuman Berpemanis (MBDK) Tembus Rp 18 Triliun
Bagi industri, konsistensi ION WATER menggelar IONATION menjadi bentuk strategi brand engagement jangka panjang. Pasar minuman rendah kalori dan fungsional diproyeksikan terus tumbuh, didorong oleh perubahan perilaku konsumen urban yang semakin memperhatikan asupan serta aktivitas kebugaran.
ION WATER memposisikan diri di tengah tren tersebut dengan mengaitkan produk pada gaya hidup sehat. “Hidup sehat itu proses penuh kesadaran. IONATION hadir untuk mengingatkan bahwa setiap orang bisa memulai dari langkah kecil,” kata Andrea Dian, Brand Ambassador ION WATER.
Dengan pendekatan ini, Otsuka tidak sekadar menjual produk, tetapi berupaya membangun ekosistem gaya hidup sehat yang dapat memperluas basis konsumen sekaligus memperkuat loyalitas pasar di segmen minuman rendah kalori.
Baca Juga: Pengenaan Cukai Minuman Berpemanis pada 2026 Bisa Jadi Beban Ganda Saat Ekonomi Lesu
Selanjutnya: Damri Buka Rute Jakarta-Yogyakarta, Cek Tarifnya
Menarik Dibaca: Ini KA Jarak Jauh yang Berhenti Luar Biasa di Stasiun Jatinegara hingga 2 September
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News