Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menyampaikan, saat ini perusahaan masih fokus pada pengembagan format gerai yang ada. Seperti diketahui, AMRT saat ini memiliki format minimarket dengan flagship Alfamart dan Alfaexpress. Perusahaan belum ada rencana untuk melirik format di luar itu.
Ryan Alfons Kaloh, Marketing Director AMRT menyampaikan bahwa saat ini perusahaan belum akan mengenalkan format gerai baru. Seperti diketahui, dalam industri ritel selain minimarket juga ada format supermarket, hypermarket dan departement store. Dirinya menegaskan AMRT fokus pada pengelolaan gerai minimarket.
“Format berbeda kami kan ada MIDI (PT Midi Utama Indonesia Tbk) itu kan sama, anak usaha kami. Itu ada strateginya yang berbeda lah,” ujarnya kepada KONTAN, Jumat (18/5).
Seperti diketahui, MIDI mengelola format gerai minimarket, convenience store dan supermarket dengan flagship Alfamidi, Alfa Super, dan Lawson. Saat ini, AMRT menguasai 86,72% saham MIDI atau setara dengan 2,49 miliar saham.
Tahun ini perusahaan akan menggeber ekspansi 800 gerai baru untuk Alfamart dan 150 gerai di Filipina. Terkait format baru untuk penetrasi ke pasar-pasar yang melarang format minimarket dirinya mengatakan belum ada rencana. Yang jelas, AMRT mengikuti peraturan yang berlaku di masing-masing wilayah.
“Kami belum ada format (baru), kami taat hukum dan sesuaikan dengan aturan yang ada,” tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News