kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha PGN Genjot Pemanfaatan CNG ke Wilayah Non Jaringan Pipa


Selasa, 23 Agustus 2022 / 22:55 WIB
Anak usaha PGN Genjot Pemanfaatan CNG ke Wilayah Non Jaringan Pipa
ILUSTRASI. Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz (kiri) memperkenalkan kembali Gaslink C-Cyl dengan kemasan baru.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melalui anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia menargetkan peningkatan pemanfaatan teknologi Compressed Natural Gas (CNG), Gaslink Cylinder.

Direktur Utama Gagas Muhammad Hardiansyah mengungkapkan, pemanfaatan Gaslink Cylinder diarahkan pada wilayah yang jauh dari jangkauan gas pipa.

Adapun, Gaslink Cylinder merupakan inovasi pemanfaatan gas bumi yang dikemas dalam tabung, ditujukan untuk pelanggan UMKM dan industri.

Baca Juga: Anak Usaha PGN, Gagas Energi, Genjot Pemanfaatan CNG di Bali

“Efisiensi pertama didapatkan dari harga jual. Dari pengalaman pemakaian restoran yang kami layani tahun lalu, testimoni pelanggan, efisiensi yang didapat adalah 11% lebih rendah dibandingkan harga gas tabung non subsidi. Dengan kondisi minyak dunia yang semakin meningkat saat ini, tentunya efisiensi yang didapat akan semakin besar,” jelas Hardiansyah dalam siaran pers, Selasa (23/8).

Efisiensi kedua yakni dari sisi volume. Menurutnya, ada penghematan volume sekitar 7% hingga 11% dari penggunaan Gaslink Cylinder jika dibandingkan gas tabung nonsubsidi.

"Perhitungan volume gas yang terpakai Gaslink Cylinder, sama seperti gas pipa, dimana gas yang dibayar sesuai volume gas yang dipakai oleh pelanggan. Jadi dari volume saving, dari harga juga saving, sehingga double savingnya," kata Hardiansyah.

Hardiansyah menegaskan, selain memberikan layanan energi bersih, Gagas juga memberikan support kepada industry UMKM.

Pengguna Gaslink Cylinder sudah cukup banyak mulai dari restoran hingga hotel, yang lokasinya memang tidak dekat dari jaringan pipa gas bumi PGN. Berkaca rata-rata pemakaian Gaslink Cylinder di Tangerang sudah sekitar 200.000 M³ per bulan

Baca Juga: PGN (PGAS) Siap Dongkrak Penggunaan Gas Bumi

“Kalau untuk Tangerang sendiri, kami support bukan hanya untuk UMKM, tapi juga untuk kebutuhan jargas rumah tangga. Dikarenakan ada beberapa klaster perumahan, seperti Karawaci dan Bintaro, yang cukup jauh dari gas pipa. Skemanya nanti tetap memakai gas pipa di dalam cluster, tetapi sumbernya dari gaslink (CNG),” jelas Hardiansyah.

Gagas akan menggunakan memakai GTM (gas transportation modul) untuk membawa gas bumi. Kemudian nanti untuk storage gas ditempatkan di samping Meter Regulating Station (MRS) PGN, sehingga tidak perlu pasokan dari pipa.

Hardiansyah juga berharap dengan benefit double saving dari Gaslink Cylinder dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakannya.

Dengan demikian, pemanfaatan gas bumi sebagai alternatif energi yang efisien dapat semakin luas untuk mendukung pelaku usaha, sekaligus memberi kemudahan akses gas bumi yang semakin mudah bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×