Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring situasi ekonomi yang membaik, MacroAd, pilar usaha periklanan media dari PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge, terus menghadirkan beragam inovasi dan kanal media baru untuk menghubungkan pemilik brand dengan audiens.
Dengan ragam media yang tersebar di sektor transportasi publik, ritel dan jalan raya, MacroAd membuka kesempatan bagi para pemilik brand melalui sistem lelang secara daring (online tender), agar dapat menjangkau audiens di media yang relevan secara terukur.
Sejak bulan Maret hingga akhir tahun 2022, MacroAd dan Surge akan membuka online tender bagi berbagai macam kanal media yang dimiliki Surge.
Strategi ini salah satunya diharapkan dapat mendorong pemanfaatan media Public Information Display (PID) dari MacroAd, sebagai satu-satunya media audio visual dalam tiap gerbong kereta Commuterline Jabodetabek.
Pada online tender tahun 2022 ini, pemilik brand tidak hanya berkesempatan mendapatkan seluruh media PID dalam satu rangkaian kereta yang menguatkan eksistensi merek menjadi eksklusif, serta memperoleh frekuensi pemutaran iklan yang tinggi dan fleksibel sepanjang harinya.
Baca Juga: Solusi Sinergi Digital (WIFI) Gandeng BNI, Salurkan KUR untuk UMKM di Pulau Jawa
Kemudian juga dapat menerapkan pesan call to action untuk mengangkat engagement dengan audiens yang dapat diukur performa iklannya setiap saat.
Dengan inovasi ini, diharapkan hasil online tender tersebut dapat mendorong pemasukan bagi Surge, hingga mencapai Rp 134 miliar pada tahun 2022.
"Kami percaya bahwa periklanan luar ruang masih memiliki potensi yang tinggi seiring pemulihan pandemi dan mobilitas masyarakat yang terus meningkat," ungkap CEO Surge, Hermansjah Haryono, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, hari ini (28/2).
Dengan potensi tersebut, MacroAd menerapkan strategi yang bertumpu kepada tiga hal. Pertama, targeted audience yang stabil seperti pengguna kereta api dengan kanal media yang dapat diandalkan seperti PID.
Kedua, teknologi periklanan programmatic yang terukur dan efisien bagi klien. Lalu, penerapan konsep smart digital advertising melalui sinergi MacroAd dengan lini bisnis konektivitas dan pengembangan teknologi dari Surge seperti Free Wifi, aplikasi-aplikasi menarik, hingga inovasi PID berbasis streaming yang sedang perusahaan kembangkan.
"MacroAd bersama Surge berkomitmen untuk terus memberikan lebih banyak lagi inovasi serta kinerja secara terjangkau dan terukur dengan target audiens yang jelas di era normal baru," tambahnya.
Didirikan sejak tahun 2014, MacroAd dikenal sebagai penyedia utama Digital Out of Home (DOOH) di Commuterline Jabodetabek. Pengguna Commuterline dapat mengenali media PID sebagai layar televisi yang ditempatkan di dalam gerbong yang menayangkan berbagai konten menarik mulai dari informasi tren terkini, berita, hingga hiburan kepada pengguna
Tercatat, sudah ada lebih dari 900 PID yang dimiliki MacroAd dan tersebar dalam 231 gerbong kereta yang terus menemani 1,5 juta pengguna harian kereta selama 17 jam operasional kereta tiap harinya.
Selain kereta api, layanan media MacroAd juga berada di berbagai jalan atau roadside, menawarkan diferensiasi kepada pemilik brand dalam menjangkau target audiens yang bervariasi, dan tidak terbatas pada jalan-jalan protokol.
Selain itu, pemilik brand dan pengiklan dapat menggunakan layanan MacroAd yang berada di area retail, seperti pasar tradisional maupun pasar modern.
Dengan kapabilitas OOH MacroAd dalam digital, static dan bespoke, kini MacroAd telah memiliki berbagai macam media dalam bentuk digital totem, video wall, videotron, lightbox, public information display, Free Wifi, dan ragam aplikasi menarik dari Surge.
Baca Juga: Membangun Ekosistem Digital Sebagai Solusi Satu Pintu Semua Kebutuhan Rumah
Rudy Chandra, Direktur MacroAd menambahkan, berbeda dari pemain lainnya, MacroAd menetapkan sejumlah kriteria scoring bagi lokasi media OOH agar tak hanya memberikan hasil yang maksimal dan terukur bagi para pemilik brand, namun juga tepat sasaran antara profil audiens yang melihat media tersebut dengan materi iklan yang disampaikan.
"Dengan adanya online tender, MacroAd semakin siap berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pemilik brand dan secara konsisten menggali peluang baru untuk dapat mengekspansi layanan media di seluruh Indonesia," ujar Rudy.
Seiring ekspansi Surge, secara bertahap MacroAd ke depannya akan hadir di ribuan titik lokasi media lainnya yang tak terbatas di Jakarta, termasuk di industri properti dan pergudangan, industri perhotelan hingga transportasi privat.
Di tengah pandemi, OOH masih jadi pertimbangan pengiklan dan pemilik brand, terlebih yang berbasis digital. Data World Federation of Advertiser Outlook memperkirakan iklan luar ruang (OOH) pada tahun 2022 masih memegang proporsi 6% secara Year on Year (YoY), dari total Advertising Expense (AdEx) atau anggaran periklanan di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News