Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) terus akan melakukan ekspansi bisnisnya ke luar negeri.
Arif Prabowo, Operations Vice President Public Relations Telkom menjelaskan saat ini anak perusahannnya telah berhasil melakukan ekspansi ke Hong Kong, Timor Leste, Singapura, Australia, dan Malaysia.
"Telkom memprogamkan ekspansi bisnis ke 10 negara, 5 negara sudah diwujudkan dan 5 di antaranya sedang diupayakan," kata Arif dalam siaran persnya yang diterima KONTAN, Jumat (12/4).
Arif memamerkan keberhasilan Telin yang telah berhasil ekpansi ke Hongkong dan Timor Leste. Dia bilang pada Oktober 2012, melalui layanan Mobile Virtual Network Operator (MVNO), Telin meluncurkan produk kartu AS 2in1.
Sambutan masyarakat di Hongkong atas layanan tersebut sangat menggembirakan, ditandai dengan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 52% dalam waktu tiga bulan, yakni awal Januari 2013 jumlah pelanggan sebanyak 25 ribu dan pada akhir Maret 2013 naik menjadi 40 ribu. Selain itu, Telin Hong KongĀ melalui Kartu As 2in1 masuk sebagai top 3 MVNO players bersama Vodafone (SmarTone) & People China Mobile.
Sementara itu untuk ekspansi bisnis di Timor Leste, Telin berhasil mendapatkan lisensi seluler dengan menyiapkan investasi tak kurang dari US$ 50 juta hingga tahun 2015. Dana itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur jaringan 2G dan 3G.
Menurut Arif, prestasi Telin Timor Leste juga sangat menggembirakan, ditandai dengan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, di mana pemenuhan Service Coverage Obligation pelanggan sebesar 94% yang seharusnya diselesaikan dalam jangka waktu 3 tahun, dapat dipercepat menjadi hanya dalam waktu 1 tahun.
Keberhasilan tersebut juga diiringi dengan penguasaan market share sebesar 9,13% hanya dalam waktu satu bulan operasi, dimana pada awal April 2013 jumlah pelanggan sudah mencapai 55 ribu pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News