kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkasa Pura I Prediksi Layani 3,9 Juta Pergerakan Penumpang di Angkutan Lebaran 2023


Kamis, 13 April 2023 / 11:53 WIB
Angkasa Pura I Prediksi Layani 3,9 Juta Pergerakan Penumpang di Angkutan Lebaran 2023
ILUSTRASI. Angkasa Pura I: Calon penumpang mengantre untuk lapor diri di loket Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur,


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I menyatakan kesiapan dalam menyambut periode Angkutan Lebaran 2023 melalui penyiapan infrastruktur bandara serta layanan.

Dari sisi infrastruktur bandara, Angkasa Pura I mempersiapkan 15 bandara yang dikelola untuk melayani kebutuhan masyarakat untuk bepergian selama periode Angkutan Lebaran 2023.

Sejak tahun 2018, Angkasa Pura I terus berbenah dengan melakukan pembangunan dan pengembangan infrastruktur bandara untuk mengatasi permasalahan kekurangan kapasitas bandara.

Melalui berbagai pengembangan bandara tersebut, kapasitas total bandara Angkasa Pura I yang hanya mampu menampung 71 juta penumpang/tahun di tahun 2017, meningkat menjadi 135 juta penumpang/tahun pada tahun 2022.

Baca Juga: Hindari Kepadatan, Menhub Anjurkan Masyarakat Mudik Lebih Awal Mulai 13-17 April 2023

"Selain terus melakukan pengembangan infrastruktur bandara, kami juga fokus dalam menepati komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa bandara. Upaya-upaya tersebut pada akhirnya membuahkan hasil dengan raihan berbagai penghargaan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (13/4).

“Yang terbaru adalah raihan 18 Airport Service Quality (ASQ) Awards 2022 yang berhasil diraih oleh 8 bandara kami. Dengan berbagai capaian yang diraih, kami yakin siap menyambut angkutan Lebaran 2023"  

Ia melanjutkan, pada periode Angkutan Lebaran tahun ini, diprediksi akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat dalam melakukan perjalanan.

Secara umum, diprediksi akan ada sebanyak 123,8 juta pemudik atau tumbuh 45% dibanding tahun lalu. Angkasa Pura I selaku pengelola 15 bandara di Indonesia memprediksi akan melayani 3,9 juta pemudik, tumbuh sebesar 34% dibandingkan realisasi di tahun 2022 lalu.

Melalui kualitas infrastruktur bandara serta layanan, kami optimistis dan menyatakan kesiapan untuk melayani para pengguna jasa bandara pada periode Angkutan Lebaran tahun ini.

Angkasa Pura I memprediksi akan melayani sebanyak 3.958.061 pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola pada Angkutan Lebaran 2023.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 34% dibandingkan dengan realisasi pergerakan penumpang pada Angkutan Lebaran 2022 dengan jumlah 2.953.777 pergerakan penumpang.

Baca Juga: Khusus Rute Ini, Mudik Gratis 2023 Dengan Kereta Api Masih Tersedia, Tanpa Syarat!

Sedangkan untuk trafik pergerakan pesawat udara diprediksi akan mencapai 31.876 pergerakan, tumbuh 25% dibandingkan realisasi pergerakan pesawat udara Angkutan Lebaran 2022 yang sebanyak 25.463 pergerakan.

"Untuk menghadapi potensi lonjakan pemudik di tahun ini, Angkasa Pura I akan menyiagakan Posko Angkutan Lebaran di 15 bandara yang akan beroperasi mulai 14 April hingga 2 Mei mendatang. Tujuannya adalah untuk memastikan kesiapan operasional kebandarudaraan dan pelayanan kepada penumpang berjalan dengan baik, lancar, dan kondusif, serta berprinsip pada kemananan (safety), security, pelayanan (services), dan compliances," sambung Faik Fahmi.

Ia mengatakan, khusus pada momen menjelang Idul Fitri, Angkasa Pura I juga melaksanakan beberapa program layanan dan aktivasi marketing untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa.

Program layanan khusus jelang Idul Fitri di antaranya adalah pembagian takjil gratis kepada penumpang, serta memperkuat suasana di dalam terminal bandara melalui dekorasi, live music bertema Ramadhan, serta pemakaian seragam petugas bandara bertema Lebaran.

"Sedangkan untuk aktivasi marketing, kami memanfaatkan media sosial perusahaan untuk berinteraksi dengan audience, serta menggandeng mitra usaha di terminal bandara," pungkas Faik Fahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×