kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anhui Conch Group Bangun Pabrik Semen


Rabu, 26 Juni 2013 / 07:00 WIB
Anhui Conch Group Bangun Pabrik Semen
ILUSTRASI. Logo Asuransi PT Cakrawala Proteksi


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

JAKARTA. Perusahaan semen asal China, Anhui Conch Group Co.Ltd mulai merealisasikan pembangunan pabrik semen di Indonesia. Rencananya, Anhui akan membangun pabrik semen berkapasitas total 3 juta ton per tahun.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto menuturkan Anhui telah berencana membangun pabrik semen di Indonesia sejak tahun 2011 lalu. Menurutnya, Anhui akan membangun pabrik dengan kapasitas 3 juta ton per tahun dalam dua tahap.

Untuk tahap pertama, Anhui akan membangun pabrik semen berkapasitas 1,5 juta ton per tahun. Perusahaan semen asal China ini menggelontorkan investasi hingga US$ 500 juta untuk pembangunan pabrik tahap pertama ini. "Pembangunan konstruksinya sudah dimulai, dan akan berproduksi pada Oktober tahun depan," jelas Panggah kemarin.

Anhui belum membeberkan berapa nilai investasi yang akan digelontorkan pada pembangunan pabrik semen tahap keduanya kelak. Tapi, Panggah bilang kemungkinan nilainya akan lebih kecil ketimbang nilai investasi tahap pertama.

Alasannya, pada tahap pertama, Anhui telah membangun infrastruktur pendukung pabriknya. Diantaranya, fasilitas pembangkit listrik (power plant) yang berkapasitas 2x18 Megawatt. Untuk tahap pertama, Anhui baru membangun pembangkit listrik berkapasitas 1x18 Megawatt.

Anhui memilih lokasi pabrik semen di Saradang, Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan. Wajar saja, di wilayah Kalimantan Selatan memang terdapat deposit batu kapur yang lumayan besar.

Lagipula, kata Panggah, Anhui akan mengincar kawasan Indonesia timur sebagai pasar utamanya. Selain Kalimantan, Anhui tengah mengincar empat lokasi lain di kawasan timur Indonesia untuk mendirikan pabrik. "Diantaranya Sulawesi Selatan dan Papua Barat," ujarnya.

Menurut rencana, Anhui juga bakal membangun pabrik semen berkapasitas produksi 3 juta ton per tahun di dua lokasi tersebut. Di luar itu, Panggah bilang Anhui juga berminat membangun jalan tol di Kalimantan.

Selain Anhui, tercatat ada  beberapa investor lain yang akan membangun pabrik semen di Indonesia seperti Siam Cement Group asal Thailand,  Ultra Tech Cement asal India, dan Wilmar Group, dengan total kapasitas sekitar 18 juta ton per tahun.

Data dari Asosiasi Semen Indonesia menyebutkan, tahun ini kapasitas terpasang industri semen sebesar 65,86 juta ton per tahun. Jika seluruh investasi ini terealisasi, maka kapasitas terpasang industri semen bakal naik menjadi 80 juta ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×