kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi Kepadatan Jalan Tol Saat Libur Nataru, Ini Upaya Hutama Karya


Selasa, 28 November 2023 / 16:33 WIB
Antisipasi Kepadatan Jalan Tol Saat Libur Nataru, Ini Upaya Hutama Karya
ILUSTRASI. PT Hutama Karya (Persero) siap melayani pemudik yang ingin berlibur via jalur darat di sepanjang 589 Km ruas tol.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sambut momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Hutama Karya (Persero) siap melayani pemudik yang ingin berlibur via jalur darat di sepanjang 589 Km ruas tol, baik Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) maupun JORR-S dan Akses Tanjung Priok (ATP).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, tahun ini Hutama Karya memprediksi lonjakan lalu lintas di JTTS akan meningkat hingga 24% jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

"Dari semula 990.000 menjadi 1.230.000 kendaraan, dengan puncak arus mudik akan dimulai pada H-2 perayaan Natal yaitu tanggal 23 Desember 2023 dan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada tanggal 30 Desember 2023," kata Tjahjo dalam keterangan resminya, Selasa (28/11).

Baca Juga: Ini Proyek Residensial yang Dikembangkan Hutama Karya Tahun Depan

Ia menjelaskan, dari sisi pelayanan, Hutama Karya telah menyiapkan berbagai strategi anti-macet. Strategi-strategi tersebut d iantaranya menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan untuk mempercepat transaksi serta penerapan sistem holding di rest area di Tol Terpeka dan Permai apabila lonjakan semakin padat, menyiagakan 2.576 personil dan 289 unit armada siaga, hingga optimalisasi rest area yang terdiri dari:

  • Sembilan rest area permanen di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung) dengan kapasitas daya tampung 1.352 kendaraan
  • Enam rest area sementara di Tol Pekanbaru - Dumai dan 2 (dua) di Tol Indralaya - Prabumulih dengan kapasitas daya tampung masing-masing 345 kendaraan; serta
  • Delapan rest area fungsional diantaranya dua di Tol Palembang- Indralaya dengan kapasitas 60 kendaraan, dua di Tol Pekanbaru – Bangkinang dengan daya tampung 226 kendaraan, dua di Tol Indrapura - Kisaran dengan kapasitas 390 kendaraan, dan dua di Tol Binjai - Langsa dengan kapasitas 60 kendaraan.

Tjahjo menuturkan, rest area permanen maupun fungsional didukung dengan fasilitas yang lengkap seperti tempat makan dengan tenant yang beragam, toilet yang bersih, layanan bengkel hingga terjaminnya penyediaan semua jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero), dimana rest area sementara juga telah dilengkapi dengan SPBU modular.

Khusus di rest area Tol Terpeka KM 234 Jalur A sudah dilengkapi dengan ruang laktasi dan ladies parking, sehingga pengguna jalan tol utamanya ibu menyusui tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat yang dikhususkan.

Baca Juga: Hutama Karya (HK) Prediksi Kenaikan Volume Lalu Lintas Tol Hingga 1,23 Juta Kendaraan

Dari sisi keamanan dan keselamatan, jalan tol telah dilengkapi dengan 982 unit CCTV dengan dua arah mata kamera yang dipantau selama 24 jam oleh petugas dan terintegrasi dengan teknologi Intelligent Trafic System (ITS) yang dipantau dari command center di kantor pusat dan control room masing-masing cabang tol.

“Kami siapkan pelayanan dan keamanan yang terpadu selama Nataru. Bersama dengan pihak kepolisian, kita mendirikan Pos Pengamanan (Pam) di beberapa titik selama Nataru, diantaranya di Tol Terpeka tepatnya di KM 163, KM 208, KM 234, KM 277 Jalur A dan KM 172, KM 215, KM 306 Jalur B. Sedangkan di Tol Permai berlokasi di Gerbang Tol Pekanbaru dan Gerbang Tol Dumai,” imbuh Tjahjo.

Tjahjo optimistis dengan peningkatan pengguna jalan tol yang signifikan akan disertai dengan pelayanan yang baik dan layak sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan jalan tol yang aman dan nyaman selama Nataru nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×