kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah 2 Ruas Tol Diambil Alih INA, Hutama Karya Bakal Jual Tol Ini


Kamis, 10 Agustus 2023 / 19:05 WIB
Setelah 2 Ruas Tol Diambil Alih INA, Hutama Karya Bakal Jual Tol Ini
ILUSTRASI. Setelah 2 Ruas Tol Diambil Alih INA, Hutama Karya Bakal Jual Tol Terbanggi Besar ? Pematang Panggang ? Kayu Agung. TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) siap menjual tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) kepada investor yang tertarik. 

Sebelumnya, dua ruas tol Hutama yaitu Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) dengan panjang 141 km dan Tol Medan – Binjai (Mebi) dengan panjang 17,2 km telah berhasil diakuisisi oleh Indonesia Investment Authority (INA) dengan nilai Rp 20,5 triliun. 

“Kami bakal menawarkan lagi dari ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang – Kayu Agung kepada investor,” kata Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto saat ditemui Kontan, Kamis (10/08). 

Baca Juga: Hutama Karya Siap Resmikan 6 Jalan Tol Trans Sumatera pada Semester II-2023

Budi menambahkan dengan diakuisisi dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) oleh INA sebelumnya, menunjukkan bahwa JTTS juga menarik di mata investor. 

“Dengan adanya tol, maka ada perkembangan traffic dan berdampak pada perkembangan ekonomi di daerah Sumatra. Jadi jalan tolnya menjadi layak juga secara ekonomi,” ungkap dia.

Meski begitu, Hutama baru bisa menawarkan tol Terpeka pada investor, sementara untuk tol yang lain masih akan dilihat perkembangannya.

“Baru itu yang akan ditawarkan, tahun ini kita sudah mulai sounding ke para investor,” ungkap Budi.

Kemudian terkait kerja sama Hutama dengan INA, Budi mengatakan saat ini Hutama telah menerima pembayaran sebesar Rp15 triliun.

Baca Juga: Hutama Karya Bangun Sarana Air Bersih dan Renovasi Fasilitas Pendidikan di Sumbar

“Kami sudah terima pembayaran 15 triliun, sedangkan 5 triliun akan diberikan lagi di Juni 2025,” kata dia.

Untuk diketahui Kegiatan Penandatanganan Konfirmasi Diselesaikannya Transaksi (“Konfirmasi”) dua ruas antara Hutama Karya dan INA ini sebelumnya telah dilaksanakan pada hari, Kamis (13/7), di Menara Danareksa, Jakarta.

Dengan masa alih konsesi dua ruas tol ini yang akan berlangsung selama 50 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×