kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AP II Buka Tender Pekerjaan Overlay Bandara Bandung


Jumat, 23 Juli 2010 / 12:09 WIB
AP II Buka Tender Pekerjaan Overlay Bandara Bandung


Reporter: Gentur Putro Jati |



JAKARTA. PT Angkasa Pura (AP) II tengah menggelar tender pekerjaan penebalan landasan (overlay) Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Tender tersebut dilakukan untuk mengakomodir permintaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Negara BUMN yang ingin bandara tersebut bisa didarati pesawat dengan bobot mencapai 64,5 ton seperti Airbus A320.

"Overlay pasti akan dilakukan, saat ini kami sedang menender pekerjaannya dengan anggaran sebesar Rp 40 miliar," kata Direktur Utama AP II Tri S Sunoko, Jum'at (23/7).

Mantan Direktur Angkutan Udara Kemenhub itu memastikan, dalam waktu dekat pemenang tender overlay akan diketahui. Sehingga pekerjaannya selesai dilakukan tahun ini.

"Kali ini kami akan menambah kekuatan landasannya saja. Pengembangan terminal dan apron nya belum. Targetnya tahun ini selesai," imbuhnya.

Overlay landasan Bandara kota kembang menurut Tri mutlak dilakukan, mengingat semakin banyak saja maskapai yang berminat membuka rute dari luar negeri menuju Bandung.

"Indonesia AirAsia sudah lebih dulu melayani beberapa rute internasional menuju Bandung. Tanggal 16 Juli kemarin, Malaysia Airlines ikut melayani penerbangan ke Bandung. Jadi memang prospek Bandung sangat cerah," kata Tri.

Jika overlay selesai tahun ini, Tri berharap bandara tersebut bisa didarati Airbus A320 yang memiliki kapasitas sampai 180 tempat duduk. Lebih besar dibandingkan kemampuan maksimal menampung Boeing 737-300 saat ini sekitar 148 tempat duduk.

"Secara investasi memang kembalinya cukup lama. Namun diharapkan overlay ini bisa memberikan nilai tambah bagi Pemerintah Jawa Barat. Dengan penumpang pesawat bertambah, turis yang belanja di Bandung juga semakin banyak. Sehingga bisa menghidupkan banyak pengusaha kecil disana," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×