kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AP II siapkan terminal 4 dan Soetta 2


Kamis, 16 November 2017 / 22:13 WIB
AP II siapkan terminal 4 dan Soetta 2


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah penumpang dan kapasitas bandara Soekarno-Hatta kian timpang. Oleh karena itu Angkasa Pura II selaku operator bandara ingin menambah jumlah terminal dan juga ekspansi bandara baru.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama Angkasa Pura II menjelaskan kapasitas terminal satu Soetta misalnya hanya sebesar 9 juta penumpang per tahun. Namun nyatanya bisa menampung 24 juta penumpang. "Oleh karena itu kita persiapkan terminal 4 dan juga bandara Soekarno Hatta 2," kata Awaluddin, Kamis (16/4).

Menurutnya, pada 2018, akan dipersiapkan desain awal. Kemudian di 2019 akan persiapan land clearing dan rencananya akan menggunakan lahan di area Soewarna Golf. "Kami sudah berbicara dengan pihak Soewarna dan sudah ada perjanjian. Itu lahan kami yang sebenarnya kita sewakan ke mereka," katanya.

Hitung-hitungan saat ini luas lahan terminal yang akan dibangun di terminal keempat sekitar 380.000 meter persegi (m2). Luas tersebut lebih kecil ketimbang terminal tiga yang sebesar 400.000 m2. "Setelah persiapan desain baru kita tahun investasi dan juga kita harus tunggu izin dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Untuk pembangunan Soekarno Hatta 2, pihaknya saat ini mendalami kajian indikatif. Kemudian lanjut ke tahap preliminary study. "Butuh 1,5 tahun untuk bereskan Amdal, studi dan izin lain. Yang pasti lokasi sekitar Soekarno Hatta lama," katanya.

Mengenai akses yang kian padat, pihak AP 2 mencari solusi bersama Jasa Marga. Rencananya ruas jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo yang jadi tol penghubung DKI Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dibangun elevated toll way. "Sekarang izin prinsip ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," lanjutnya.

Hal ini didasari dari tol yang awalnya bertujuan ke bandara saja yang sekarang beralih fungsi ke rute lain. Selain itu jadi alternatif selain jalur kereta ke bandara. "Jadi dari Tomang bisa langsung ke Bandara Soekarno Hatta," katanya.

Asal tahu dari 13 bandara yang dioperasi dari Angkasa Pura, Soekarno Hatta merupakan bandara yang mendulang pendapatan terbesar. Awaluddin mengklaim 60% pendapatan perusahaan dari Soekarno Hatta saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×