kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.504.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.935   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

APRINDO Optimistis Penjualan Ritel Selama Nataru Tumbuh 5%


Rabu, 27 November 2024 / 12:29 WIB
APRINDO Optimistis Penjualan Ritel Selama Nataru Tumbuh 5%
ILUSTRASI. APRINDO memproyeksikan pertumbuhan penjualan ritel sebesar 2%-5% selama periode Natal dan Tahun Baru 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) memproyeksikan pertumbuhan penjualan ritel sebesar 2%-5% selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Ketua Umum APRINDO, Solihin, menyatakan bahwa momentum konsumsi masyarakat yang tinggi serta indeks kepercayaan konsumen yang masih berada di level positif, sekitar 121 pada Oktober 2024, menjadi pendorong utama optimisme tersebut.  

“Kami berharap peningkatan ini tercapai, didukung oleh tingginya konsumsi masyarakat pada momen spesial seperti Nataru. Kategori produk seperti makanan dan minuman, dekorasi rumah, serta perangkat elektronik kecil seperti produk hiburan diproyeksikan menjadi penyumbang terbesar penjualan,” ujar Solihin kepada KONTAN, Rabu (27/11).

Baca Juga: Dukung Panja Impor Ilegal, Bos Ritel Minta Cukong dan Pemodalnya Ditangkap

APRINDO menyebut para anggotanya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memaksimalkan momen ini. Diskon musiman, bundling produk menarik, hingga peluncuran produk eksklusif edisi Nataru seperti hampers, program loyalitas, dan penawaran *purchase with purchase* menjadi andalan untuk menarik perhatian konsumen.  

Tidak hanya itu, penetrasi ke platform digital juga semakin diperkuat. Banyak anggota APRINDO telah memanfaatkan e-commerce dan aplikasi belanja online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. 

“Dengan kebiasaan belanja yang kian bergeser ke online, kami fokus memberikan penawaran eksklusif berbasis digital yang disesuaikan dengan preferensi konsumen,” jelas Solihin.  

Meski optimistis, APRINDO tetap memperhatikan tantangan seperti daya beli dan logistik. Namun, Solihin menegaskan bahwa kenaikan harga logistik tidak signifikan dan telah diantisipasi sejak awal.

Baca Juga: PPN Naik Menjadi 12%, Hidup Buruh dan Rakyat Makin Tercekik

 “Kami menjaga efisiensi dalam pengelolaan stok barang untuk meminimalkan biaya logistik yang tidak diperlukan. Dengan langkah ini, harga barang akan tetap kompetitif, terjangkau, dan didukung beragam promo menarik,” tambahnya.  

APRINDO juga mendorong pemerintah untuk memberikan subsidi atau insentif pajak guna menjaga daya beli masyarakat. Selain itu, ketersediaan BBM yang terjamin akan membantu memastikan harga barang tetap stabil dan distribusi logistik berjalan lancar.  

"Dengan langkah-langkah ini, APRINDO optimis bahwa sektor ritel akan tetap tumbuh di momen Nataru," pungkas Solihin.

Selanjutnya: Sejahteraraya Anugrahjaya (SRAJ) Cetak Laba Rp 8,24 Miliar hingga Kuartal III 2024

Menarik Dibaca: Bagaimana Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat? Inilah Caranya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×