CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

ASDP Gaet Telkomsel Kembangkan Aplikasi Monitoring Armada


Senin, 18 Desember 2023 / 10:00 WIB
ASDP Gaet Telkomsel Kembangkan Aplikasi Monitoring Armada
ILUSTRASI. Foto udara suasana di Palabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan Pelabuhan Jangkar di Situbondo mulai 15 Desember untuk pengalihan pelayanan kendaraan besar atau golongan VII tujuan Pelabuhan Lembar (NTB) selama periode Angkatan Natal dan Tahun Baru 2023/2024, sedangkan Pelabuhan Ketapang akan difokuskan untuk kendaraan kecil pada periode posko. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka memacu proses transformasi digitalisasi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Telkomsel. Kolaborasi ASDP dan Telkomsel itu terkait dengan aplikasi digitalisasi monitoring armada.

Peluncuran aplikasi digitalisasi monitoring armada tersebut telah diselenggarakan di Kantor Pusat ASDP, Jakarta pada akhir pekan lalu. Peluncuran aplikasi tersebut diresmikan secara langsung oleh Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Direktur Teknik dan Fasilitas Kusnadi C. Wijaya, Direktur Komersial dan Pelayanan Yusuf Hadi, Direktur SDM dan Layanan Korporasi Wahyu Wibowo, dan Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, digitalisasi ini merupakan bagian dari langkah ASDP dalam menaikkan peradaban yang mampu membangun Indonesia. Semangat ASDP dari awal adalah dengan mengusung Elevating Civilization to the Next Level.

Baca Juga: ASDP Indonesia Ferry Antisipasi Lonjakan Penumpang dan Kendaraan saat Libur Nataru

“Untuk itu kami sangat mengapresiasi Telkom yang juga sudah jadi bagian sangat instrumental bagi perkembangan ASDP khususnya di bidang digitalisasi demi meningkatkan peradaban," ujarnya dalam siaran pers, Senin (18/12).

Ia menambahkan, keberadaan aplikasi monitoring armada ini membantu data acquisition menjadi lebih cepat dan terorganisir. Harapannya dapat diolah menjadi informasi dan informasi tersebut mampu menjadi keputusan operasional ASDP.

Direktur Teknik dan Fasilitas ASDP Kusnadi C. Wijaya  menambahkan, digitalisasi monitoring armada ini dapat membantu para KKM atau Kepala Kamar Mesin maupun manager teknik di cabang agar dapat melakukan pola perawatan dan pola pemeliharaan yang terencana dengan baik.

Aplikasi Monitoring Armada SIEMON atau Sistem Engine Monitoring Online dan SMS atau Ship Maintenance System bertujuan untuk menjadi sistem fondasi atas perawatan armada dengan sasaran ketepatan, kecepatan, dan kualitas pekerjaan perawatan yang dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

“Alhasil, kesiapan serta kepastian operasional dan keselamatan untuk pengguna jasa dapat ditingkatkan," jelasnya.

Baca Juga: ASDP Gandeng Bank BJB Tingkatkan Layanan Pemesanan Tiket Feri Secara Online

Ia juga menegaskan dengan terdigitalisasinya proses ini, ASDP mampu memiliki track record atas perkembangan docking kapal dari hari ke hari.

Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria menyampaikan, digitalisasi sistem ini merupakan jawaban dari tantangan yang ada pada industri maritim.

Seiring dengan perkembangan industri dan teknologi saat ini, termasuk industri maritim yang dihadapkan dengan banyak tantangan yang akan terus bertambah, baik dari sisi aspek operasional maupun layanan.

Untuk menjawab seluruh tantangan yang muncul hari ini, digitalisasi dan transformasi menjadi salah satu kata kuncinya.

“Pada kesempatan ini, salah satu transformasi digital yang dilakukan oleh ASDP yaitu berkolaborasi dengan Telkomsel dalam menyajikan dan membangun sistem engine monitoring online yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan juga solusifitas aset, sekaligus diharapkan mampu meningkatkan keselamatan dan keamanan armada itu sendiri,” terang dia.

Baca Juga: Mulai Besok, ASDP Terapkan Pembelian Tiket Ferry Online di Pelabuhan Tanjung Kelian

ASDP pun berkomitmen terus meningkatkan dan mengembangkan proses digitalisasi melalui berbagai sisi demi membangun peradaban agar mampu menjadi perusahaan berkelas dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×