Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) berharap bisnis anak usahanya yakni Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) akan bertumbuh tahun ini. Pasalnya, potensi pasar dan inovasi yang dilakukan perusahaan terus dilakukan untuk pengembangan bisnisnya.
Harry Halim, Presiden Direktur ASGR menjelaskan bahwa potensi AXI cukup besar ke depan. Asal tahu saja, pada tahun lalu ASGRÂ menyuntik modal tambahan ke AXI untuk mendukung pengembangan bisnis anak usahanya tersebut. "Tahun ini paling tidak untuk AXI kami targetkan lebih baik, paling tidak dia bisa dorong topline kami itu berkisar dua digit growth ya 10%-an," ujarnya di Jakarta, Rabu (10/4).
Menurutnya AXI berkontribusi cukup baik, khususnya untuk proyek di pemerintahan. Tidak hanya B to G, tetapi juga menggarap segmen B to B yang cukup baik. Tahun lalu, jumlah transaksi ritel AXI mengalami pertumbuhan cukup baik.
"Transaksi ritel kalau dulu itu satu kali transaksi tapi cuku besar, tetapi cuma dapat beberapa klien. Kalau sekarang bertumbuh menjadi 3.500 orang yang masuk artinya mengakses AXIque semakin banyak," tambahnya.
Namun kompetisi untuk proyek LKPP juga semakin meningkat, kalau dulu agregator untuk suplay kebutuhan solusi perkantoran pemerintah hanya berkisar 7-8 pemain saja, saat ini jumlahnya menjadi 28 agregator.
"Tetapi kami masih bisa eksis, terlihat dari bagaimana banyak yang melihat dan melakukan transaksi ritel. Semakin banyak yang mengerti dan tau bisnis AXI dan semakin banyak yang akses," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News