kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Asosiasi franchise Indonesia sebut Permendag waralaba hilangkan hambatan


Senin, 30 September 2019 / 18:24 WIB
Asosiasi franchise Indonesia sebut Permendag waralaba hilangkan hambatan
ILUSTRASI. Pameran waralaba


Reporter: Abdul Basith | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 71 tahun 2019 tentang waralaba dinilai bisa menghilangkan hambatan yang ada.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar. Anang bilang selama ini industri waralaba memiliki hambatan untuk berkembang. "Dulu dianggap waralaba dunia Indonesia melakukan pembatasan-pembatasan," ujar Anang saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (30/9).

Anang bilang terdapat hambatan yang justru menambah beban industri. Salah satu yang menjadi perhatian adalah mengenai pemenuhan konten lokal sebesar 80%.

Baca Juga: Kemendag terbitkan Permendag Waralaba, ini penjelasannya

Kehadiran Permendag ini dinilai akan membuat potensi waralaba di Indonesia semakin baik. Sebelumnya potensi Indonesia dinilai sudah cukup baik mengingat besarnya pasar Indonesia.

Meski begitu masih perlu dukungan untuk menggenjot pertumbuhan waralaba lokal. Anang bilang selama 5 tahun terakhir pertumbuhan industri waralaba lokal hampir 0. "Bantuan pemerintah perlu terutama yang berkaitan dengan industrinya, harus ada program pembinaan dan pelatihan," terang Anang.

Asal tahu saja, pada Permendag 71/2019 tersebut diatur mengenai pembinaan. Pembinaan waralaba dilakukan baik oleh pemerintah pusat mau pun pemerintah daerah.

Baca Juga: Peritel minimarket mengandalkan skema waralaba

Selain itu, pembinaan juga dilakukan oleh bagi penerima waralaba oleh pemberi waralaba dan pemberi waralaba lanjutan. Pembinaan meliputi sistem agar menguntungkan, operasional, serta perkembangan pasar dan promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×