kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra luncurkan teknologi pengelolaan transportasi dan logistik AstraFMS


Kamis, 31 Januari 2019 / 18:03 WIB
Astra luncurkan teknologi pengelolaan transportasi dan logistik AstraFMS


Reporter: M Imaduddin | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Astra International Tbk kembali meluncurkan produk terbaru di Indonesia. Lewat anak usahanya PT. Serasi Autoraya (SERA), Astra melahirkan produk jasa bernama Astra Fleet Management Solution atau AstraFMS. Peluncuran produk itu berlangsung di Hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta, Kamis (31/1) siang.

Sejatinya produk ini hadir untuk mengatasi masalah operasional dan manajerial perusahaan transportasi darat baik untuk penumpang maupun pengiriman logistik. Presiden Direktur SERA Firman Yosafat Siregar mengatakan ide ini sudah dieksekusi sejak 2014, ketika SERA diberi mandat oleh Astra Internasional untuk punya bisnis baru.

"Astra meminta SERA untuk punya kebebasan dalam berstrategi bisnis sendiri. Maka kami bikin produk yang bukan hanya sewa kendaraan, tapi juga bikin satu bisnis berdasarkan platform teknologi," kata Firman, Kamis (31/1).

Hadi Winarto selaku Direktur Marketing SERA menyampaikan, dengan AstraFMS, armada yang digunakan untuk mengantar penumpang maupun mengirimkan barang akan dimonitor. Tidak hanya posisi armada seperti fungsi GPS pada umumnya, namun gejala-gejala lain yang terjadi selama perjalanan. "Misalnya kendaraan sering rem mendadak, over speed, pengemudi tidak memakai sabuk pengaman atau mengantuk, AstraFMS akan mendektesi gejala itu dan mengirimkan alert," ungkap Hadi.

Teknologi yang diterapkan bernama on board device (OBD) mampu mendeteksi kecepatan, panas, serta daya gravitasi kendaraan. Dengan teknologi OBD yang terpasang pada engine control unit (ECU) kendaraan, data yang dicatat dari gelaja-gejala yang terjadi itu dikirimkan ke command center AstraFMS untuk kemudian ditindaklanjuti oleh konsumen.

Perekaman performa kendaraan dan pengemudi itu akan menjadi penilaian tersendiri bagi perusahaan pengguna jasa kepada pengemudi. "Ada dua poin penilaian bagi driver. Ecodriving atau bagaimana driver berkendara secara efisien, kemudian safety driving atau bagaimana pengemudi menjamin keamanan berkendara," lanjut Hadi.

Tak hanya tracking kendaraan dan pengemudi, AstraFMS pun menyediakan fasilitas penjadwalan untuk perawatan kendaraan seperti kapan waktu yang tepat untuk servis berkala, memperpanjang lisensi kendaraan, dan pengingat masa garansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×