kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,65   8,27   0.82%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

AtriaDC Siapkan Hingga Rp 2,2 Triliun untuk Investasi Data Center


Kamis, 18 Agustus 2022 / 14:04 WIB
AtriaDC Siapkan Hingga Rp 2,2 Triliun untuk Investasi Data Center
ILUSTRASI. Data Center Ramah Lingkungan: Presiden Direktur AtriaDC Arthur Angelo Syailendra (kanan) bersama Direktur Operasional AtriaDC Christine Ratna saat konferensi pers di Jakarta, Senin (15/8/2022). KONTAN/Baihaki/15/8/2022


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. AtriaDC, perusahaan penyedia layanan data center ramah lingkungan, fokus mengembangkan aset data center dengan jaringan transmisi berkecepatan tinggi dan handal (reliable) di dalam kota (edge). 

Dalam dua tahun ke depan, AtriaDC menganggarkan investasi sebesar Us$ 100 juta - US$ 150 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun - Rp 2,2 triliun untuk memperkuat bisnisnya.

AtriaDC saat ini telah mengoperasikan purpose-built data center yang berlokasi di dekat major internet exchange dan end user, sehingga memungkinkan konektivitas dengan latensi rendah yang mampu menciptakan pengalaman terbaik bagi end-user

Presiden Direktur AtriaDC Angelo Syailendra menjelaskan, AtriaDC telah mengoperasikan data center yang memungkinkan pelanggan dapat terhubung dengan ekosistem global secara cepat dan fleksibel. Oleh karena itu, perusahaan akan terus fokus mengembangkan data center di dalam kota yang menjadi pusat interaksi ekonomi dan bisnis. 

Dengan konsep data center ramah lingkungan, AtriaDC juga ingin mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan net zero emission di tahun 2060.  

Baca Juga: Varian Skutik Ramah Kantong, Simak Harga Motor Bekas Honda Scoopy Generasi Lawas

“Komitmen kami adalah membangun dan mengembangkan data center ramah lingkungan di dalam kota untuk menjadi partner strategis para pelanggan dalam mencapai target bisnisnya melalui transformasi digital,” kata Angelo dalam keterangannya, Kamis (18/8).

AtriaDC juga mengusung konsep purpose built, dimana bangunan dirancang khusus sebagai data center. Data center AtriaDC ini memiliki lahan yang cukup menuju data center dengan konsep purpose built di dalam kota yang terbesar di Indonesia . Didesain dan dikembangkan dengan standar kelas dunia, data center AtriaDC memiliki service level yang sangat agresif dengan tingkat uptime hingga 99,999% dan standar keamanan tertinggi.

“Proses digitalisasi di Indonesia berlangsung sangat cepat dan itu membutuhkan dukungan data center yang besar dengan standar layanan kelas dunia. Di AtriaDC kami berusaha untuk terus meningkatkan dan menjaga service level sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” kata Angelo.  

Untuk mendukung strategi bisnisnya, AtriaDC telah mengakuisisi aset data center yang sudah beroperasi di dalam kota yang berada di wilayah Jakarta Barat dengan ketersediaan lahan (landbank) yang menyanggupi total kapasitas sekitar 30 megawatt (MW). 

Ke depan, AtriaDC akan terus membangun atau mengakuisisi aset data center ramah lingkungan di dalam kota dengan menganut prinsip ESG (environmental, social, and governance) melalui penciptaan green data center serta penggunaan teknologi energi terbarukan yang efisien. 

“Akuisisi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi AtriaDC sebagai penyedia data center di dalam kota dengan mempertimbangkan besarnya populasi end-user di wilayah sekitar serta tingkat kerapatan jaringan (network density) yang merupakan kriteria utama dari bisnis edge data center,” katanya.

Baca Juga: Tak Cuma Prototype Lunar Rover Tire, Intip Line Up Ban yang Dipamerkan Bridgestone

Pengembangan AtriaDC sebagai data center ramah lingkungan akan mendapat dukungan penuh dari PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) sebagai pemegang saham utama. Dukungan terhadap AtriaDC ini menjadi bukti konsistensi Saratoga sebagai perusahaan investasi aktif untuk mengambil inisiatif di depan dalam mengembangkan dan mewujudkan kemajuan ekonomi digital di Indonesia. 

“Partisipasi Saratoga dalam mengembangkan AtriaDC menjadi bentuk komitmen perusahaan untuk selalu aktif dalam pengembangan sektor-sektor bisnis strategis yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi dalam jangka panjang dan berdampak besar bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Kami mendukung AtriaDC menjadi perusahaan yang mengembangkan edge data center berkonsep purpose built ramah lingkungan dan menjadi solusi digitalisasi di Indonesia,” jelas Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) Michael William P. Soeryadjaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×