kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Aturan nilai pembebasan bea masuk tak berpengaruh pada Blibli.com


Senin, 03 Februari 2020 / 20:12 WIB
Aturan nilai pembebasan bea masuk tak berpengaruh pada Blibli.com
ILUSTRASI. Blibli.com tidak terpengaru pada penurunan batas pembebasan bea masuk

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform berbelanja berbasis online, Blibli.com, mengakui pihaknya tidak terkena dampak atas pemberlakuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 199 Tahun 2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak Atas Impor Barang Kiriman.

Sebagai informasi, dalam aturan tersebut, pemerintah menurunkan batasan nilai pembebasan bea masuk atas barang kiriman dari semula US$ 75 menjadi US$ 3. Nilai ini setara dengan Rp 42.000 jika kurs rupiah berada di level Rp 14.000 per dolar AS.

"Peraturan PMK khususnya de minimis ini, tidak berpengaruh bagi Blibli.com. Karena berdasarkan informasi yang telah disampaikan oleh Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), porsi transaksi impor atau cross border di industri e-commerce kurang lebih 5% dari total transaksi secara keseluruhan di industri tersebut," ungkap Yudhi Pramono, Senior Vice President (SVP) Head of Legal, Regulatory & Compliance Blibli.com, kepada Kontan.co.id, Senin (2/3).

Baca Juga: Blibli sekarang memiliki toko offline bernama BlibliMart

Dengan demikian, Yudhi menilai pemberlakuan PMK tidak akan berdampak terlalu luas bagi pemain industri e-commerce, seperti Blibli.com.

Alhasil, Blibli.com  tidak memiliki strategi apapun untuk menghadapi aturan PMK, sebab pihaknya tetap bisa menawarkan produknya secara luas.

"Saat ini kami memiliki lebih dari 75.000 mitra mechant (merchant partner) dan lebih dari 50.000 brand , kami juga sediakan kategori khusus produk lokal bertajuk Galeri Indonesia. Ini langkah kami untuk memajukan produk lokal dan memperluas pasar ke seluruh Indonesia," lanjutnya.




TERBARU

Close [X]
×