kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.960.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.300   94,00   0,58%
  • IDX 7.166   -38,30   -0,53%
  • KOMPAS100 1.044   -6,02   -0,57%
  • LQ45 802   -6,08   -0,75%
  • ISSI 232   -0,07   -0,03%
  • IDX30 416   -3,18   -0,76%
  • IDXHIDIV20 486   -4,82   -0,98%
  • IDX80 117   -0,79   -0,67%
  • IDXV30 119   -0,02   -0,02%
  • IDXQ30 134   -1,35   -1,00%

Autopedia (ASLC) dan Mitra Pinasthika (MPMX) Memacu Penjualan Mobil Bekas


Minggu, 15 Juni 2025 / 16:09 WIB
Autopedia (ASLC) dan Mitra Pinasthika (MPMX) Memacu Penjualan Mobil Bekas
ILUSTRASI. Showroom mobil bekas Caroline.id milik PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah penjualan mobil baru yang melandai, pasar mobil bekas masih punya potensi untuk melaju. Pelaku usaha di bisnis mobil bekas masih optimistis untuk ekspansi memperluas jaringan.

Tengok saja rencana pengembangan usaha dari PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). Emiten dari konglomerasi Triputra Group ini tengah mengantisipasi meningkatnya pertumbuhan permintaan mobil bekas.

Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra mengungkapkan pendapatan ASLC pada kuartal I-2025 meningkat 21,38% secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp 183,31 miliar menjadi Rp 222,51 miliar. "Terutama didorong oleh peningkatan volume penjualan mobil bekas melalui Caroline.id," terang Jany kepada Kontan.co.id, Jumat (13/6).

Baca Juga: Pendapatan Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Naik Double Digit di Kuartal I-2025

Di lini bisnis retail, Caroline.id mencatat penjualan sebanyak 961 unit atau naik sekitar 33% (yoy) pada kuartal I-2025. Pertumbuhan ini didorong oleh ekspansi showroom ke lokasi-lokasi strategis yang memperluas jangkauan pasar.

ASLC juga menggarap lini bisnis lelang kendaraan mobil maupun motor melalui JBA. Hingga kuartal I-2025, volume kendaraan yang terjual melalui JBA tumbuh sekitar 4% (yoy) menjadi 29.762 unit. 

"Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh pergeseran preferensi konsumen ke kendaraan bekas, seiring dengan kenaikan harga mobil baru dan pengetatan akses pembiayaan," ungkap Jany.

Khusus untuk mobil, produk yang umumnya paling diminati di Caroline.id maupun JBA adalah tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) atau family car. Usia pakai rata-rata sekitar 4 tahun - 5 tahun.

Jany menjelaskan, penetrasi Caroline.id terhadap bisnis dealer mobil bekas online-to-offline (O2O) di Indonesia masih kecil, sehingga ruang untuk tumbuh masih besar. Dia meyakini prospek bisnis mobil bekas masih positif.

ASLC pun menargetkan pertumbuhan pendapatan dengan level dobel digit dibandingkan tahun 2024.  "Untuk menjaga keberlanjutan pertumbuhan penjualan mobil bekas, ASLC memperoyeksikan terus memperluas jaringan showroom Caroline.id di area-area strategis," kata Jany.

Baca Juga: Ekspansi Caroline.id, Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Siapkan Capex Rp 30 Miliar

Anak usaha dari PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) ini membidik ekspansi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Guna menopang rencana ekspansi, pada tahun ini ASLC menyiapkan belanja modal (capex) sekitar Rp 20 miliar - Rp 30 miliar.

"ASLC berencana membuka beberapa cabang baru showroom Caroline.id hingga pengembangan teknologi dan juga keperluan untuk membeli stok kendaraan untuk bisnis Caroline," terang Jany.

Sebagai informasi, saat ini Caroline.id telah mengoperasikan total 18 showroom. Termasuk cabang di Cibubur yang baru beroperasi pada April 2025 dan di Paskal - Bandung, yang baru soft-launching pada awal bulan ini.

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) atau MPM Group tak ingin ketinggalan untuk memacu bisnis mobil bekas. Emiten dari grup konglomerasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) ini juga akan menggelar ekspansi pada tahun 2025.

MPMX menggarap bisnis mobil bekas melalui PT Balai Lelang Asta Nara Jaya atau AUKSI, yang merupakan bagian dari lini usaha MPM Rent. General Manager Corporate Communications & Sustainability MPMX Natalia Lusnita mengungkapkan Balai Lelang AUKSI saat ini berada di tiga lokasi, yakni Ciledug, Surabaya, dan Semarang.

Baca Juga: Autopedia Lestari Targetkan Showroom Flagship Caroline.id Rampung Kuartal 2/2025

Pada tahun ini, AUKSI akan menambah dua kantor representative yang berlokasi di Pekanbaru dan Medan. Secara operasional bisnis, penjualan mobil bekas melalui AUKSI hingga kuartal I-2025 mengalami kenaikan sekitar 11% (yoy). 

Pertumbuhan itu terutama didorong oleh kendaraan komersial. Sementara hingga Mei 2025, penjualan masih mengalami peningkatan sebesar 14,5% (yoy), meskipun ada tantangan dari sisi penurunan margin.

Secara tipe, produk yang paling diminati adalah mobil penumpang seperti MPV dan Sport Utility Vehicle (SUV). Tipe kendaraan niaga seperti pick-up, van, atau box juga tercatat mengalami peningkatan.

MPMX menargetkan penjualan mobil bekas pada tahun ini bisa tumbuh sekitar 3% - 4% secara tahunan. "Dengan kuartal pertama yang bertumbuh positif, kami berharap tren ini terus berlangsung hingga akhir tahun. Kami cukup optimis kami bisa mencapai target tersebut," tandas Natalia.

Baca Juga: Autopedia (ASLC) dan MPM Group (MPMX) Tertarik Menjajal Bisnis Mobil Listrik Bekas

Selanjutnya: Masih Berpotensi Menghadapi Tekanan, Simak Proyeksi IHSG Senin (16/6)

Menarik Dibaca: iPhone 13 Pro Max Harga Juni 2025 Turun! Cek Fitur Lengkapnya & Kelebihannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×