kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.806.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.565   0,00   0,00%
  • IDX 6.511   38,26   0,59%
  • KOMPAS100 929   5,57   0,60%
  • LQ45 735   3,38   0,46%
  • ISSI 201   1,06   0,53%
  • IDX30 387   1,61   0,42%
  • IDXHIDIV20 468   2,62   0,56%
  • IDX80 105   0,58   0,56%
  • IDXV30 111   0,69   0,62%
  • IDXQ30 127   0,73   0,58%

Autopedia Lestari Targetkan Showroom Flagship Caroline.id Rampung Kuartal 2/2025


Kamis, 27 Maret 2025 / 11:54 WIB
Autopedia Lestari Targetkan Showroom Flagship Caroline.id Rampung Kuartal 2/2025
ILUSTRASI. Showroom mobil bekas Caroline.id milik PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC).


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem mobil bekasnya melalui showroom flagship Caroline.id yang diharapkan akan mulai beroperasi pada Kuartal II 2025. 

Adapun ASLC mencatatkan lonjakan pertumbuhan laba bersih tahun berjalan hingga 88% di tahun 2024.

Emiten perdagangan otomotif omnichannel bidang penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) serta bisnis gadai (MotoGadai) ini sukses mencatatkan laba bersih  tahun berjalan sebesar Rp50,3 miliar, melesat dari dari perolehan tahun 2023 yang sebesar Rp26,7 miliar. 

Baca Juga: Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Kebut Penjualan Mobil Bekas

“Kita optimistis kinerja Perseroan akan berkembang semakin baik tahun ini, seiring dengan tren peningkatan permintaan mobil bekas yang masih terus berlangsung,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (27/3).

Lonjakan laba bersih mencerminkan ekspansi strategis dan fokus perusahaan pada profitabilitas. JBA, dengan pangsa pasar sekitar 40%, meningkatkan laba operasional menjadi Rp 85,0 miliar, naik 35% dari Rp 62,9 miliar pada 2023, berkat memanfaatkan infrastruktur, jaringan dan ekosistemnya yang kuat. 

Dari sisi Caroline.id juga mencatat perbaikan, berhasil mengurangi rugi operasional sebesar Rp 5,1 miliar pada 2024, didorong oleh relokasi dan ekspansi showroom ke lokasi strategis.

Total pendapatan naik 28% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 876,6 miliar pada 2024, dari Rp 682,4 miliar di FY23, didorong oleh Caroline.id (69% dari total pendapatan). Ekspansi showroom dari 10 menjadi 16 lokasi mendorong pendapatan Caroline.id naik 26% menjadi Rp 602,4 miliar.

Baca Juga: Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Terus Memperkuat Lini Bisnis Mobil Bekas

MotoGadai kini memasuki fase pertumbuhan awal, dengan model bisnis dan sinergi yang telah terbangun sejak diluncurkan pada akhir 2023. Bisnis pegadaian ini terus menunjukkan momentum positif, sudah berkontribusi Rp 3,1 miliar dalam pendapatan dan laba operasional sebesar Rp 30,0 juta di 2024.

Kinerja impresif tahun 2024 tersebut merupakan buah dari langkah strategis yang diambil Perseroan, yaitu membuka showroom di lokasi strategis dan memantau performa secara berkesinambungan dan seksama. 

Dengan pemantauan performa secara terus menerus, Perseroan akan dapat menemukan berbagai kemungkinan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas.

“Yang penting, kami tidak boleh terlena dengan hasil yang bagus di tahun 2024 ini. Oleh karenanya, ASLC akan terus berupaya memperkuat ekosistem bisnis mobil bekas melalui Caroline.id, JBA, dan MotoGadai supaya kinerja positif yang telah dicapai tersebut dapat terus terjaga,” imbuh Jany Candra.

Baca Juga: Capex Autopedia Sukses (ASLC) Capai Rp 50 Miliar di 2025, Ini Rincian Penggunaannya

Untuk dapat terus meningkatkan penjualan mobil bekas, setiap tahun ASLC aktif berekspansi membuka showroom Caroline.id di wilayah-wilayah potensial di Jabodetabek dan Jawa Barat. 

Caroline.id adalah Online-to-Offline (O2O) Used Car Dealer yang diadakan untuk memudahkan pelanggan dalam membeli mobil bekas berkualitas. Saat ini, Perseroan sedang dalam proses membangun cabang baru showroom flagship Caroline.id yang diharapkan akan mulai beroperasi pada Kuartal II 2025. 

“Jika showroom flagship tersebut telah beroperasi, maka jumlah showroom Caroline.id milik Perseroan akan menjadi 17 showroom, meningkat dari saat ini yang sebanyak 16 showroom,” tutup Jany Candra.

Selanjutnya: Kolaborasi dengan Vuse, Popomangun Bangun Studio Kreatif Mangun.co

Menarik Dibaca: Kolaborasi dengan Vuse, Popomangun Bangun Studio Kreatif Mangun.co

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×