kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awal tahun 2021, pemerintah ngebut bangun 2 ruas tol baru


Selasa, 05 Januari 2021 / 07:10 WIB
Awal tahun 2021, pemerintah ngebut bangun 2 ruas tol baru
ILUSTRASI. Pekerja mengoperasikan alat berat untuk memasang pembatas jalan pada proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengawali Tahun 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan dua ruas tol baru yakni Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B dan Jalan Tol Layang Ancol Timur–Pluit (Elevated). Penandatanganan kontrak pekerjaan dua ruas tol ini dilakukan secara virtual, Senin (4/1/2021).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dua kontrak pembangunan ruas tol ini sangat krusial dan kehadirannya sudah ditunggu masyarakat. Khusus Tol Cisumdawu, penyelesaiannya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo dan ditargetkan beroperasi pada 2021.

"Tol ini dibangunsebagai dukungan agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam,” kata Basuki.

Baca Juga: Target Kontrak Baru WIKA Hampir Dua Kali Lipat Tahun Lalu

Untuk itu, dia menginstruksikan PT Citra Karya Jabar Tol selaku badan usaha jalan tol (BUJT) Tol Cisumdawu, dan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Kepala BPJT Danang Parikesit menambahkan, dengan penandatanganan kontrak ini, maka  sinergi antara swasta dan BUMN berkontribusi positif dan pembangunan infrastruktur jalan tol dapat berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sebagai informasi, PT Citra Karya Jabar Tol merupakan anak usaha dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk yang dipimpin oleh Jusuf Hamka. Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dengan  Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke BIJB Kertajati yang sudah mulai beroperasi.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 61 kilometer. Dari enam seksi tersebut, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKTJ). Total nilai investasi proyek Jalan tol Cisumdawu seluruhnya sebesar Rp 8,4 triliun. Sedangkan Jalan Tol Ancol Timur–Pluit (Elevated) atau Harbour Road II (HBR II) dirancang sepanjang 9,6 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 15,8 Triliun.

Baca Juga: Semen Gresik pasok semen untuk pembangunan Tol Semarang-Demak

Tol ini dibangun oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk dan merupakan penambahan lingkup ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit yang saat ini telah beroperasi.

Jalan tol ini merupakan akses sambungan dari Jalan Tol Dalam Kota menuju kawasan Tanjung Priok, yang kini terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Ngebut, Awali Tahun 2021 Bangun Dua Ruas Tol Baru "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×