kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semen Gresik pasok semen untuk pembangunan Tol Semarang-Demak


Senin, 04 Januari 2021 / 23:00 WIB
Semen Gresik pasok semen untuk pembangunan Tol Semarang-Demak


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Gresik ditunjuk sebagai salah satu pemasok utama dalam proyek Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah yaitu Jalan Tol Semarang – Demak. Pengerjaan proyek jalan tol dengan panjang ruas mencapai 27 kilometer ini telah dimulai sejak awal tahun 2020 dan diperkirakan akan rampung pada tahun 2022 mendatang.

SVP of Sales Semen Indonesia (SIG) Rahman Kurniawan mengatakan sebagai bagian dari SIG, Semen Gresik telah menyuplai 10% dari total kebutuhan bahan baku semen sampai minggu ketiga bulan Desember 2020 dengan progres proyek yang masih berjalan hingga saat ini.

"Pengerjaan jalan tol dibagi menjadi dua seksi, pertama jalur Semarang - Sayung sepanjang 10,69 kilometer yang merupakan dukungan pemerintah. Sedangkan seksi kedua jalur Sayung - Demak sepanjang 16,31 kilometer merupakan tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol PT Pembangunan Perumahan Semarang - Demak," kata Rahman dalam keterangan resmi, Senin (4/1).

Baca Juga: Hutama Karya: Lebih dari 1 juta kendaraan melintas JTTS selama libur Nataru

Semen Gresik menggunakan produk Ultra Pro serta produk yang termasuk dalam kategori produk semen ramah lingkungan (green cement), Power Pro. 

Rahman bilang SIG siap mendukung percepatan pembangunan tol Semarang - Demak dengan produk unggulan yakni Ultra Pro serta Power Pro yang merupakan kategori green cement sesuai dengan instruksi dari Kementerian Perindustrian sebagai bagian dari komitmen mendukung pengurangan sampah industri, konsumsi energi, dan meminimalisasi emisi karbondioksida. 

Pembangunan jalan raya tol Semarang - Demak penting dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang berada di kawasan Pantai Utara (Pantura). Selain itu keberadaan jalan tol juga diyakini akan meningkatkan efisiensi industri di wilayah Jawa Tengah sekaligus untuk mendukung Kabupaten Demak sebagai kawasan wisata religi.

Di samping kebutuhan tiga faktor di atas, Jalan Tol Semarang - Demak juga memiliki keunikan tersendiri yaitu akan dibangunnya tanggul laut sepanjang tujuh kilometer untuk menanggulangi banjir rob di Kabupaten Semarang. Nantinya di dalam tanggul laut tersebut akan didirikan anjungan cerdas sebagai tempat istirahat sekaligus lokasi wisata. 

Baca Juga: Dua proyek dibayar, Adhi Karya (ADHI) dapatkan Rp 1,6 triliun di akhir 2020

"Untuk pembangunan tanggul sepanjang tujuh kilometer dan ajungan cerdasnya, kami memiliki varian semen DuPro series seperti, PPC (Portland Pozolan Cement), semen tipe 5 dan juga SBC (Special Blended Cement) yang dapat memenuhi karakteristik konstruksi di laut," ujar Rahman.

Rahman bilang bahan baku semen yang digunakan Semen Gresik mampu menghasilkan beton mutu tinggi dengan meminimalisasikan biaya produksi beton per meter kubik. 

"Jaminan kualitas produk, jaminan supply yang didukung dengan jaminan ketersediaan produk dari Pabrik Rembang, adalah keunggulan SIG untuk mendukung pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak yang juga merupakan Proyek Strategis Nasional," pungkas Rahman.

Selanjutnya: Ini fokus bisnis Acset Indonusa (ACST) di tahun 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×