kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Dimulai, Ini 5 Merek yang Ditunjuk Jadi Vendor


Kamis, 14 Desember 2023 / 06:45 WIB
Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Dimulai, Ini 5 Merek yang Ditunjuk Jadi Vendor
ILUSTRASI. Proses pendistribusian rice cooker gratis sudah dimulai bertahap bulan ini. ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses pendistribusian  Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) atawa rice cooker sudah dimulai bertahap bulan ini. Ada lima merk  yang memenuhi spesifikasi pada e-katalog dari beberapa badan usaha yang memenuhi spesifikasi dalam pengadaan via e-katalog dan ditunjuk sebagai vendor. Kelimanya meliputi Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutajulu, mengatakan bahwa Sebagai progres pada tahap awal, distribusi AML pada bulan Desember ini akan dilakukan kepada 53.161 Rumah Tangga yang tersebar di 26 provinsi.

Realisasi penyerahan rice cooker sendiri sudah dilakukan di Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur kemarin (12/12). Di saat yang sama, proses pematangan data calon penerima yang belum menerima rice cooker juga terus berjalan dan ditargetkan selesai pertengahan Desember 2023 ini.

Baca Juga: Ini 5 Merek Rice Cooker yang Akan Dibagikan ke Masyarakat

“Prosesnya bertahap,” ujar Jisman saat dihubungi Kontan.co.id Rabu (13/12).

Seperti diketahui, pemerintah mencari kriteria yang spesifik dalam pengadaan rice cooker dalam program bagi-bagi ke masyarakat ini. Kalau dirangkum, kriterianya ada tiga, yakni memiliki kapasitas 1,8-2,0 liter, mencantumkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) dan hemat energi, serta memenuhi ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Secara kumulatif, total akan ada 500.000 rice cooker dari kelima merk rice cooker yang akan dibagikan ke sebanyak 500.000 rumah tangga penerima. 

Penerimanya, menurut rencana, tersebar di 36 provinsi dengan kriteria yang spesifik:  rumah tangga pelanggan PLN atau PLN Batam berdaya 450 VA hingga 1.300 VA yang tidak memiliki AML dan berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala.

Target pemerintah, pendistribusian AML bisa diselesaikan pada pekan ketiga Januari 2024.

Baca Juga: Pembagian Rice Cooker Gratis Ditunda ke Desember 2023

Wakil Ketua Umum Gabungan Perusahaan Industri Elektronik dan Alat-alat Listrik Rumah Tangga Indonesia (Gabel), Dharma Surjaputra bilang, pihaknya berharap agar pendistribusian rice cooker ke penerima berjalan lancar.

“Semoga pendistribusiannya berjalan lancar, jangan sampai terlambat,” ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id (13/12).

Sepengetahuan Dharma, pasokan barang dari kelima merk yang ditunjuk, yakni Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai, memenuhi kebutuhan pengadaan yang berjumlah 500.000 unit itu. Hanya saja, ia mengaku tidak mengetahui berapa persisnya kuota pengadaan yang dialokasikan kepada masing-masing merk, sebab prosesnya bertahap.

“Belum jelas, soalnya kontraknya kan belum turun semua,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×