kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembagian Rice Cooker Gratis Ditunda ke Desember 2023


Rabu, 29 November 2023 / 20:15 WIB
Pembagian Rice Cooker Gratis Ditunda ke Desember 2023
ILUSTRASI. Pemerintah menunda jadwal pembagian rice cooker gratis menjadi Desember 2023. ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menunda jadwal pembagian rice cooker gratis menjadi Desember 2023. Semula, tahap awal pembagian rice cooker gratis direncanakan berlangsung pada November 2023. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman P. Hutajulu mengatakan, pembagian rice cooker baru bisa dilakukan setelah ada verifikasi data penerima. Sementara itu, sebagian verifikasi baru rampung di akhir November 2023.

Dus, pembagian rice cooker baru bisa dimulai pada Desember 2023. 

Baca Juga: Pabrikan Elektronik Tunggu Program Pembagian Rice Cooker Gratis Segera Berjalan

“Sebagian verifikasi rampung akhir November, awal Desember mulai dikirim, dan dilanjutkan,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (29/11).

Seperti diketahui, program bagi-bagi rice cooker menyasar target yang spesifik, yaitu rumah tangga pelanggan PLN atau PLN Batam berdaya 450 VA s.d. 1.300 VA yang tidak memiliki AML dan berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala. Itulah sebabnya, data penerimanya perlu diverifikasi terlebih dahulu. Jumlah penerimanya direncanakan sebanyak 500.000 rumah tangga.

Sementara verifikasi masih berlangsung, pengadaan rice cooker untuk program ini sudah mulai berjalan. Berdasarkan pantauan Kontan.co.id terhadap https://e-katalog.lkpp.go.id/ Rabu sore (29/11), sebanyak 41 perusahaan penyedia telah mendaftarkan produknya dalam etalase sektoral Kementerian ESDM kategori produk Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Ada 9 merk rice cooker yang didaftarkan pada etalase. Kesembilan merk tersebut meliputi Cosmos, Imprezza + Logo, KF Find Future, Maspion, Miyako, Polytron, Sanex, Sanken, dan Sekai. Ada pula beberapa produk yang didaftarkan namun terdaftar dalam kategori tanpa merk.

Baca Juga: 9 Merk Ini Sudah Didaftarkan di Pengadaan E-katalog Program Bagi-Bagi Rice Cooker

Harga yang tercantum beragam. Mulai dari yang paling murah (berdasarkan data per 29 November 2023 sore), yakni rice cooker Sekai Rice Cooker dari vendor PT Tripacific Electrindo yang dibanderol Rp 249.500, hingga yang paling mahal, yaitu rice cooker merk Smartchef dari vendor PT Wibisyana Mandhalika Indonesia yang dibanderol Rp 2 juta.

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada produk-produk yang didaftarkan beragam. Jagoannya produk rice cooker merk Maspion yang TKDN-nyna mencapai 85.95%. Harganya Rp 720.000. Tidak sedikit pula produk yang tidak dicantumkan keterangan TKDN-nya alias “n/a”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×