kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bandara Husein Sastranegara Hanya Melayani Pesawat VVIP dan Private Jet


Jumat, 26 Mei 2023 / 05:29 WIB
Bandara Husein Sastranegara Hanya Melayani Pesawat VVIP dan Private Jet
ILUSTRASI. Penerbangan utama Jawa Barat dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati akan dipindahkan bertahap. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerbangan utama Jawa Barat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka akan dipindahkan secara bertahap. Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Melansir Kompas.com, nantinya, Bandara Husein Sastranegara hanya melayani penerbangan khusus pesawat VVIP dan private jet. Sementara Bandara Kertajati melayani semua penerbangan pesawat jet dan propeler atau baling. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, perpindahan penerbangan kedua bandara tersebut akan dilakukan secara bertahap lantaran masih menunggu infrastruktur pendukung di Bandara Kertajati selesai. 

"Jadi itu masih dalam proses dan kalaupun dilakukan bertahap, Juli ini masih akan sama seperti sekarang sambil kita lihat kemungkinan pengalihannya seperti apa," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/5/2023). 

Untuk itu, Kemenhub terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penyelesaian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang akan menjadi akses pendukung Bandara Kertajati. 

Baca Juga: Kemenhub Beberkan Kesiapan Sarana Pendukung Bandara Kertajati

Sebagai informasi, jalan Tol Cisumdawu ditargetkan dapat beroperasi secara penuh dari Seksi 1-6 pada awal Juni 2023. Adapun Tol Cisumdawu Seksi 4-6 (Cimalaka-Dawuan) sempat dioperasikan secara fungsional pada mudik Lebaran 2023. 

Kendati demikian, meski Tol Cisumdawu sudah mulai dioperasikan, Adita tidak dapat memastikan perpindahan penerbangan dapat langsung dilakukan. 

"Cisumdawu beroperasi belum tentu langsung otomatis pindah ya. Ini semua kan pembicaraan operasionalisasi bandara kan hal berbeda dengan infrastruktur pendukung. Harapannya sih bisa selaras waktunya," jelasnya. 

Baca Juga: Arab Saudi: Kami Rindu Beri Layanan kepada Jemaah Haji Indonesia




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×