kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bandara Soekarno-Hatta Layani 54 Penerbangan VVIP Selama KTT ke-43 ASEAN


Senin, 11 September 2023 / 10:56 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Layani 54 Penerbangan VVIP Selama KTT ke-43 ASEAN
ILUSTRASI. PT Angkasa Pura II melayani 54 penerbangan dengan kategori VVIP di Bandara Soekarno Hatta selama KTT ke-43 ASEAN. Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat melayani sebanyak 54 penerbangan dengan kategori VVIP di Bandara Soekarno Hatta selama KTT ke-43 ASEAN pada 3-8 September 2023.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan kepala negara dan delegasi berjalan lancar dan baik berkat kolaborasi dari seluruh pihak mulai dari AP II selaku operator bandara, pihak ground handling, AirNav Indonesia, serta didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN.

"Penerbangan VVIP ini juga tidak berdampak banyak terhadap penerbangan reguler berjadwal," kata Awaluddin dalam keterangan resmi, Sabtu (9/9).

Awaluddin menuturkan, rencana operasi yang telah disiapkan AP II menjadi kunci sehingga seluruh penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, baik penerbangan kenegaraan maupun penerbangan reguler, dapat beroperasi dengan lancar.

Baca Juga: Menhub: Revitalisasi Bandara Soekarno-Hatta guna Tingkatkan Kapasitas & Produktivitas

Kelancaran penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta ini didukung juga oleh Kementerian Perhubungan yang melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 di Jakarta.

Sementara itu, Director of Operation AP II, Wendo Asrul Rose menuturkan, rencana operasi yang ditetapkan AP II mencakup pengaturan jalur pesawat saat berada di darat serta lokasi parkir pesawat dan lokasi pesawat menginap (Remain Over Night/RON).

“Seluruh sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta mampu menjalankan rencana operasi dengan baik, didukung kolaborasi penuh seluruh pihak yang dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) dan juga posko di Terminal 3,” ujar Wendo.

Adapun untuk pesawat yang menginap, AP II telah menyiapkan 15 parking stand untuk mengakomodir 8 pesawat berbadan lebar (wide body) dan 7 pesawat berbadan sedang (narrow body).

“Selain itu, AP II juga menyiapkan Bandara Kertajati sebagai lokasi menginap 1 unit pesawat,” tutur Wendo.

Baca Juga: AP II dan Sovico Group Jajaki Peluang Bisnis Bandara dan Ekspansi Rute Penerbangan

Di sisi lain, seluruh fasilitas sisi udara seperti runway, taxiway, dan apron dapat difungsikan secara optimal sehingga seluruh penerbangan VVIP dan penerbangan reguler dapat beroperasi dengan baik dan lancar.  Wendo menambahkan, tidak ada penutupan penerbangan reguler berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta selama adanya penerbangan VVIP terkait KTT ke-43 ASEAN.

“Penerbangan reguler tetap beroperasi melayani masyarakat. Pada 4 - 8 September saat ada penerbangan VVIP, utilisasi slot penerbangan reguler sama dengan kondisi normal yakni  konsisten sekitar 900 penerbangan per hari, bahkan pada 8 September mencapai 952 penerbangan,” tutup Wendo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×