kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai 4 Juli, Transjakarta Lakukan Uji Coba Rute ke Bandara Soekarno Hatta


Sabtu, 01 Juli 2023 / 05:00 WIB
Mulai 4 Juli, Transjakarta Lakukan Uji Coba Rute ke Bandara Soekarno Hatta


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengumumkan bahwa rute bus Transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta bakal diuji coba pada 4 Juli 2023. 

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa uji coba layanan akan dimulai pada pukul 07.30 WIB. 

"Rencananya uji coba tanggal 4 Juli 2023 mulai pukul 07.30 WIB dari Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta," ujar Syafrin dalam keterangannya, Jumat (30/6). 

Adapun uji coba rute transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta bakal dilaksanakan selama dua pekan. Titik akhir bus berlokasi di Terminal Kargo dan Kantor Angkasa Pura II. 

Baca Juga: Khusus Angkut Karyawan, Uji Coba Transjakarta Masuk ke Bandara Soetta Mulai Juli

Dalam pelaksanaannya, bus transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta hanya dapat digunakan oleh karyawan di lingkungan bandara. 
Masyarakat umum baru dapat memanfaatkan layanan tersebut ketika uji coba telah selesai dilaksanakan. 

"Nanti, begitu transjakarta masuk berbayar, itu nanti jadi angkutan umum tidak lagi angkutan karyawan," kata Syafrin. 

Syafrin berharap Dishub DKI bisa mendapatkan gambaran utuh soal karakteristik penumpang hingga efektivitas layanan tersebut. 

"Termasuk besaran tarif yang nanti akan ditentukan," pungkasnya. 

Sebelumnya, Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaludin mengatakan, pihaknya telah menyurati pihak BPTJ, serta berkoordinasi dengan pihak Transjakarta dan Dishub Provinsi DKI Jakarta terkait usulan membuka rute ke Bandara Soekarno-Hatta. 

"Semua responsnya positif. Kami juga sudah melakukan analisa dan simulasi, tinggal finalnya menunggu keputusan penetapan Kepala BPTJ," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jumat (23/6). 

Namun menurut Awaludin, TransJakarta tersebut tidak hanya melayani karyawan bandara, melainkan masyarakat umum yang hendak ke bandara. 

Terkait pengenaan tarif, ia berharap bisa disamakan dengan tarif Transjakarta yang berlaku saat ini. 

Selain itu, rute TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi pada jam tertentu, yakni pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB. 

Baca Juga: Kemenhub: Transjakarta Akan Uji Coba Masuk Bandara Soekarno-Hatta Mulai Juli

Targetnya, di setiap periode operasi itu, diperkirakan ada 2.000 penumpang yang diangkut, baik pekerja di Bandara Soekarno-Hatta maupun masyarakat umum. 

"Kalau nanti responsnya positif dan bagus, kami serahkan kepada Transjakarta untuk memilih moda yang seperti apa, karena kan keragaman jenis kendaraan pengangkutnya. Jam operasi dan headway juga pasti nanti dihitung ulang," ungkap Awaludin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Rute Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta Diuji Coba 4 Juli, Khusus untuk Karyawan"

Penulis : Tria Sutrisna
Editor : Ihsanuddin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×