kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,93   -7,32   -0.73%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bandara Soetaa Hadirkan Vending Machine untuk Produk UMKM


Jumat, 02 Februari 2024 / 04:26 WIB
Bandara Soetaa Hadirkan Vending Machine untuk Produk UMKM
ILUSTRASI. AP II menghadirkan vending machine untuk produk UMKM di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta pada 30 Januari 2024.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II mendukung penuh pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu buktinya yakni dengan resmi menghadirkan mesin jual otomatis atau vending machine yang memasarkan beragam produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). 

Mengutip Infopublik.id, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, melalui vending machine ini maka UMKM mendapatkan kemudahan dalam memasarkan produknya di Bandara Soekarno-Hatta.

“Tidak perlu sewa tempat, perawatannya juga mudah,” kata Arya melalui keterangan resminya Rabu (31/1/2024).

Sementara itu, VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan vending machine tersebut tersedia di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. 

Vending machine produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta itu merupakan kolaborasi bersama BNI, Telkom, PLN dan AP II yang menyediakan tempat.

“Kami berharap melalui vending machine itu maka produk-produk UMKM dapat semakin menjangkau masyarakat khususnya penumpang pesawat kapan saja selama 24 jam setiap harinya. Ini juga sebagai bentuk pemasaran produk UMKM melalui digitalisasi,” kata Cin Asmoro. 

Cin Asmoro menambahkan, vending machine menghadirkan kepraktisan bagi penumpang pesawat untuk bisa memperoleh produk UMKM yang memiliki lebih banyak pilihan untuk bisa mendapatkan oleh-oleh produk makanan ringan UMKM.

Baca Juga: BNI Hadirkan Vending Machine untuk UMKM Binaan di Terminal 1A Bandara Soetta

“Salah satu vending machine, penumpang pesawat bisa memilih berbagai produk UMKM dengan mudah dan kapan saja, dan bertransaksi bisa dengan QRIS,” kata Cin Asmoro.

Lokasi yang tepat

Adapun Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia menjadi lokasi yang tepat dalam memasarkan produk-produk UMKM. 

Pada 2023, jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 50,9 juta penumpang.

Sejalan dengan itu, AP II bersama stakeholder terus berinovasi dalam memasarkan produk-produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta di mana salah satunya melalui vending machine. 

Baca Juga: Naik 20% Lebih, Jumlah Wisman ke Indonesia Capai 1,14 Juta Kunjungan

Bandara Soekarno-Hatta saat ini juga menyediakan Gerai Nusantara yang merupakan area khusus di Terminal 3 bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya.

Cin Asmoro mengatakan ke depannya vending machine produk UMKM ini akan dihadirkan juga di seluruh bandara yang dikelola AP II. 

“AP II saat ini mengelola 20 bandara dan pada tahun ini kami akan hadirkan vending machine khusus produk UMKM di seluruh bandara untuk memberikan kemudahan bagi penumpang pesawat sekaligus memperluas pasar bagi produk UMKM,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×