kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun Smart Home, NANO Siap Dukung Smart City Tangsel


Jumat, 17 Juni 2022 / 08:48 WIB
Bangun Smart Home, NANO Siap Dukung Smart City Tangsel


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nanotech Indonesia Global Tbk siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel), Banten guna mewujudkan Tangsel sebagai smart city. Emiten berkode saham NANO itu menyiapkan sejumlah teknologi dan digital platform bagi masyarakat Tangsel.

“Kami siapkan teknologi dan platform digital yang bisa dimanfaatkan masyarakat dari tingkat desa hingga kota Tangsel,” kata Nurul Taufiqu Rochman, pendiri sekaligus komisaris utama PT Nanotech Indonesia Global Tbk dalam keterangannya, Jumat (17/6)).

Dia menambahkan, temuan nanoteknologi dan paten yang dimiliki NANO dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah (pemda) guna mewujudkan smart city.

“Contohnya, kami punya paten untuk paving block berpori yang mampu menyerap air sehingga sudut-sudut kota tidak tergenang saat diguyur hujan,” tutur Nurul.

Paving block tadi, jelas dia, dapat dimanfaatkan untuk jalur pedestrian, maupun di kawasan pemukiman maupun perumahan.

“Bahkan, kami juga punya teknologi smart home yang dapat dimanfaatkan oleh ASN Pemkot Tangsel maupun milenial di Tangsel. Pak Walikota Tangsel sudah berkunjung ke kami melihat teknologi temuan NANO,” tutur Nurul.

Baca Juga: Nanotech Indonesia Global (NANO) Cetak Rekor Perolehan Dana Emiten Papan Akselerasi

Smart home tersebut di antaranya adalah teknologi pintu otomatis, surya panel, CCTV, dan USB. Selain itu, menggunakan smart material yang antara lain memanfaatkan cat anti nyamuk serta paving block berpori.

Nurul bilang, NANO juga memiliki konsep smart design sehingga milenial bisa mendesain sendiri rumahnya. Harganya juga tidak mahal dan terjangkau masyarakat karena tekonologinya dibangun sendiri oleh perseroan.

Menurut Nurul, teknologi lain yang dapat dikolaborasikan dengan Pemkot Tangsel adalah nano bubble untuk pembudidayaan ikan. Pemanfaatan nano bubble akan membuat panen ikan lebih baik.

Selain itu, NANO juga punya teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kemasan produk makanan para UMKM di Tangsel. Teknologi ini memungkinkan makanan tahan lama sehingga bisa untuk pengiriman jarak jauh.

“Dari sisi platform digital, NANO sudah menyiapkan perangkat dan teknologinya. Teknologi ini dapat dimanfaatkan dari tingkat perangkat desa hingga kota.“ pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×