kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak target, Kemenpera kekurangan anggaran


Rabu, 19 Juni 2013 / 15:30 WIB
Banyak target, Kemenpera kekurangan anggaran
ILUSTRASI. Karyawan menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Fahriyadi | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Target rencana kerja Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) di tahun 2014, sepertinya bakal menemui kendala. Pasalnya, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014, Kemenpera hanya memperoleh pagu indikatif sebesar Rp 4,2 triliun.

Jumlah itu jauh dari total pagu kebutuhan anggaran yang diusulkan Kemenpera pada tahun 2014, yakni sekitar Rp 19,9 triliun. Itu artinya, masih terdapat kekurangan sebesar Rp15,7 triliun.

Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz, mengatakan, permintaan anggaran sekitar Rp 15,7 triliun lantaran banyak target dan program yang ingin dicapai institusinya. "Di tahun depan, kami mau konsentrasi untuk membangun rumah di Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur," ujar Djan, Rabu (19/6).

Selain pembangunan rumah di kawasan Indonesia Timur, Kemenpera juga akan fokus membangun pemukiman bagi masyarakat di sekitar Waduk Jatigede dan Sungai Ciliwung.

Djan bilang, kebutuhan tambahan anggaran Rp 15,7 triliun tersebut juga dalam rangka melaksanakan program Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dicanangkan pada tahun 2004 silam, yakni pembangunan 1.000 tower. "Program itu yang ingin kami selesaikan," ungkapnya.

Saat ini, Kemenpera sedang menyiapkan tanah untuk merealisasikan pembangunan tersebut. Ia bilang, tanah yang akan dimanfaatkan nantinya adalah tanah negara yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimum.

Djan menambahkan, pada tahun depan, Kemenpera juga menargetkan penyerapan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bisa maksimal, yakni hingga 200.000 unit rumah.

Target itu sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).Saat ini, dari target 200.000 unit rumah, Kemenpera telah memperbaiki 52.000 rumah swadaya dengan anggaran Rp 2 triliun.

Kebut Rusun Ciliwung

Untuk mencapai target tersebut, pada 2014 Kemenpera akan merealisasikan pembangunan rumah susun yang diperuntukkan bagi warga di sekitar Sungai Ciliwung.

Djan menyatakan, sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi pemerintah, terkait pengadaan tanah untuk membangun rusun tersebut. Lokasi tanah itu berada di bilangan Pasar Rumput dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. "Tak ada masalah soal tanah, sudah siap. Sekarang tinggal menunggu persetujuan Gubernur DKI Jakarta," imbuh Djan.

Persetujuan itu, menurut Djan, adalah untuk mengembalikan insentif yang pernah diberikan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso yakni soal ketinggian dan Koefisien Luas Bangunan (KLB).

Djan menjelaskan, Detail Engineering Design (DED) rusun Ciliwung sudah rampung dan tinggal menunggu dana yang akan dialokasikan pada tahun anggaran 2014 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×