kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,18   12,88   1.42%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru hadir, Honda Mobilio sudah kuasai pasar 18%


Rabu, 16 April 2014 / 10:56 WIB
Baru hadir, Honda Mobilio sudah kuasai pasar 18%
ILUSTRASI. Manfaat buah belimbing untuk kesehatan.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Meski terbilang baru, Honda Mobilio mampu mengejar penjualan pesaingnya yang lebih dulu masuk di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Sejak Januari sampai Maret ini, penjualan Honda Mobilio mencapai 18.341 unit dengan pangsa pasar sebesar 18%.

Di kelas LMPV, Avanza masih menjadi pemimpin dengan volume penjualan 48.335 unit. Tetapi, merek lainnya seperti Xenia meraup penjualan sebesar 13.413 unit di kuartal pertama tahun ini. Disusul kemudian, penjualan Suzuki Ertiga yang mencapai 12.069 unit di tiga bulan pertama tahun ini.

Penjualan Honda Mobilio terus beranjak naik dari Januari sebesar 1.508 unit menjadi 6.241 unit di Februari. Di bulan Maret, penjualan Mobilio mencapai 10.592 unit. "Angka pemesanan Honda Mobilio sampai saat ini telah melampaui 30.000 unit," ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Angka penjualan yang ditorehkan oleh Mobilio mampu mendorong peningkatan penjualan Honda. Pada bulan Maret, penjualan Honda secara keseluruhan naik 21% menjadi 14.529 unit ketimbang Februari yang sebanyak 11.915 unit. Sehingga, di kuartal pertama tahun ini, penjualan Honda mencapai 36.079 unit dengan pangsa pasar 11% dari total pasar otomotif.

Selain Mobilio, Honda Jazz juga ikut menyumbang penjualan tertinggi kedua. Dari awal tahun sampai akhir Maret, penjualan Honda Jazz tercatat 4.647 unit. Dengan demikian, Honda Jazz meraup pangsa pasar sebesar 49% di kelas hatchback.

Produk Honda lainnya seperti CR-V terjual 2.545 unit untuk periode Januari sampai Maret. Sementara, Honda Brio Satya meraih penjualan sebesar 4.783 sepanjang kuartal pertama tahun ini.

Di kelas mobil murah atau Low Cost Green Car, Honda Brio Satya memiliki pangsa pasar 11%. Kemudian Honda Brio merebut pangsa pasar 23% di kelas city car dengan total volume penjualan sebanyak 3.510 unit di kuartal pertama tahun ini.

Di kelas sedan, penjualan Honda ditopang oleh Civic. Sampai Maret 2014, Honda Civic telah terjual sebanyak 235 unit atau sekitar 53,05% dari total penjualan sedan Honda. Di kelas small sedan, Honda Civic memiliki pangsa pasar 26%.

Kemudian, di kelas Sport, pangsa pasar Honda CR-Z mencapai 37% dengan total penjualan 66 unit pada kuartal pertama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×