Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Sejak kehadiran Honda Mobilio, penjualan low multi purpose vehicle (Low MPV) semakin ketat. Untuk itu, para agen pemegang merek (APM) menyiapkan beraneka strategi agar produk low MPV-nya tetap laku dipasaran.
Salah satunya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Produsen Ertiga ini belakangan kian gencar melakukan promo untuk mendongkrak penjualan. Davy J Tuilan, 4W Sales, Marketing & DND Director SIS mengakui bahwa meskipun pasarnya masih cerah, tetapi kompetisi semakin ketat.
"Promo tergantung situasi. Kami adakan program cicilan murah atau bunga murah. Kalau potongan tergantung dari masing-masing diler," kata Davy pada KONTAN, Minggu (16/3).
Selain itu, Suzuki terus memperbanyak pameran. Seperti saat ini, Suzuki mengadakan pameran di Kelapa Gading. Bila konsumen melakukan pemesanan saat pameran ini, Davy bilang ada hadiah undian.
Selain itu, pada pertengahan tahun nanti, SIS akan menggelar Pesta Otomotif Mobil Suzuki (POMS) lagi. Rencananya, POMS untuk mendongkrak penjualan Suzuki. Nah, salah satunya adalah Ertiga. Davy juga bilang pihaknya masih terus memasarkan Ertiga dengan iklan besar-besaran.
Lain lagi dengan PT Toyota Astra Motor (TAM). Produsen Avanza ini kekeuh bahwa produknya akan terus memimpin penjualan low MPV meski penjualan para pesaingnya sudah semakin mendekat. "Avanza itu sudah terbukti 10 tahun. Masyarakat sudah tau kelebihan dari sudut penggunaan dan kondisi alam," kata Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM.
Sedangkan untuk diskon kepada konsumen, Samulo mengaku itu semua diserahkan kepada aktivitas diler-diler penjual.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News