kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru Meluncur Pertengahan Desember 2023, Kereta Mewah KAI Diserbu Penumpang


Sabtu, 30 Desember 2023 / 20:06 WIB
Baru Meluncur Pertengahan Desember 2023, Kereta Mewah KAI Diserbu Penumpang


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus bersolek dengan menambah fasilitas, layanan serta dan rangkaian kereta api baru. Terbaru adalah peluncuran rangkaian kereta eksekutif dan luxury yang disebut dengan kereta luxury generation untuk sejumlah tujuan. 

Direktur Utama PT KAI KAI Didiek Hartantyo saat menjajal kereta luxury new generation menyebut, rangkaian kereta api ini beda. “Ini kereta bikinan INKA, dengan kandungan lokal baja dan material lain hingga 60%,” sebut Didiek bangga.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo ikut menjajal kereta mewah berbanderol tarif Rp 1,5 juta ini bersama Didiek, serta Direktur Utama INKA Eko Purwanto. Mereka naik dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Gambir.

Tiko, panggilan Wamen BUMN menyebut, KAI menjadikan kereta api sebagai transportasi umum yang nyaman, aman, tepat waktu serta andal. “Bahkan naik kereta harus menjadi gaya hidup masyarakat modern ke depan, bukan lagi sebagai alternatif transportasi,” sebut Tiko. 

Baca Juga: Ini Keistimewaan KA Argo Lawu dengan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation

Selain punya daya angkut yang banyak, kereta juga bebas hambatan. Konektivitas dengan kendaraan lain seperti KRL LRT, MRT serta busway akan mengatasi kemacetan dan menciptakan efisiensi. “Kami terus berupaya mengurai simpul-simpul yang menjadi hambatan agar konektivitas perjalanan masyarakat terpetakan sehingga gerak masyarakat lebih cepat dan efisien,” sebut Tiko. 

Di sisi lain, banyaknya rangkaian kereta dengan aneka jenis yang beroperasi akan menjadikan industri manufaktur yang berkembang. Ini lantaran pemerintah terus berupaya memprioritaskan produksi kereta dalam negeri dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tinggi.

“Kereta luxury ini, 100% bikinan INKA yang diproduksi di Madiun, selain itu KAI juga pesan banyak kereta INKA karena kita tidak mau dan tidak boleh impor kereta bekas lagi,” sebut Tiko.  
INKA memang telah menyelesaikan beberapa rangkaian kereta pesanan INKA. Salah satunya  rangkaian kereta luxury new generation untuk Kereta Api Argo Dwipangga, tujuan Gambir-Solo.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, KA Argo Dwipangga Gunakan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation

Bahkan, PT KAI sudah mengoperasikan rangkaian kereta eksekutif dan luxury tersebut sejak 13 Desember lalu. “Sejak beroperasi, sampai dengan 29 Desember 2023, selalu penuh, saya saja kesulitan dapat,” sebut Didiek. Catatan KAI, total ada 32.000-an penumpang Kereta New Generation dengan okupansi mencapai 86%-90% sejak beroperasi. Adapun pesanan sampai 7 Januari 2024 sudah mencapai  100%.

Direktur Utama INKA Eko Purwanto menambahkan, kereta new generations di Argo Dwipangga ini menggunakan material stainless steel generasi terbaru mulai dari kerangka hingga badan kereta.

Pun dengan sistem keamanan dan pelayanan dengan teknologi baru. Sebagai gambaran, dari sistem pelayanan, semua terkontrol dengan sistem seperti pintu electric door, lampu hingga AC. 
Lalu, dalam rangkaian kereta ini, terpasang passenger information display system (PIDS).

Penumpang bisa melihat informasi stasiun terdekat, kecepatan, hingga suhu ruangan. Jendela kereta eksekutif dan luxury new generation ini sebut Eko juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. “Selain lebih aman dan mereduksi panas serta kebisingan suara,” sebut Eko bangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×