kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara ikut lelang mobil bekas


Rabu, 25 Oktober 2017 / 19:03 WIB
Begini cara ikut lelang mobil bekas


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang bingung mencari peluang usaha baru, ada baiknya Anda membaca cermat-cermat tawaran bisnis untuk melakoni jual beli mobil bekas. Salah satu cara untuk melakoni jual-beli mobil bekas itu adalah dengan mengikuti lelang mobil bekas yang diselenggarakan oleh PT Balai Lelang Serasi (Ibid), anak usaha dari PT Serasi Autoraya.

Perusahaan lelang yang merupakan bagian dari grup Astra ini secara rutin menggelar lelang mobil bekas tarikan dari perusahaan multifinance, atau mobil titipan dari perusahaan afiliasi Astra atau perusahaan mitra dari Ibid. Bagi Anda yang beruntung, saat lelang mobil dilakukan, Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga miring. “Harga biasanya ada di bawah harga pasaran,” kata  Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Ibid di Jakarta, Rabu (25/10).

Daddy bercerita, kebanyakan peserta lelang di Ibid yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan itu mayoritas adalah pedagang mobil. Tak hanya dari dalam kota Jakarta, banyak juga pedagang mobil dari luar daerah datang ke lokasi lelang untuk mencari mobil yang akan dijual lagi di daerah.

Soal mobil yang dilelang di Ibid tersebut kebanyakan mobil-mobil laris di pasaran, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova, Fortuner dan banyak lagi. Tak hanya itu, merek-merek yang tidak populer di jalanan juga ada termasuk kendaraan niaga seperti truk. “Sosro mempercayakan kendaraannya di lelang di tempat kami,” terang Daddy.

Nah, untuk mengikuti lelang di Ibid ternyata mudah. Cukup mengikuti prosedur pendaftaran dan menyediakan deposit Rp 5 juta sebagai tanda ikut serta dalam satu penawaran. Jangan khawatir, jika kalah atau gagal menjadi pemenang lelang, uang setoran Rp 5 juta itu nantinya akan dikembalikan.

Setelah mendaftar, selanjutnya bisa melakukan peninjauan kendaraan yang diinginkan di garasi milik Ibid. Jika tertarik, selanjutnya bisa langsung mengajukan penawaran saat lelang mobil secara terbuka diumumkan. “Hampir 90% peserta lelang kami adalah pedagang,” kata Daddy yang berharap kalangan individu juga banyak terlibat.

Menurut Daddy, mobil hasil lelang biasanya akan didandani oleh pedagang untuk selanjutnya dijual lagi. Soal keuntungan dari bisnis mobil tersebut mulai dari 10% bahkan lebih, tergantung dari kepiawaian dalam memasarkan mobilnya.

Untuk diketahui, Ibid saat ini memiliki 10 kantor cabang dan telah menggelar lelang di 30 kota di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×