kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Rencana Bisnis Sepatu Bata (BATA) pada Tahun Ini


Sabtu, 19 Februari 2022 / 17:35 WIB
Begini Rencana Bisnis Sepatu Bata (BATA) pada Tahun Ini


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sepatu Bata Tbk (BATA) telah menyiapkan sejumlah agenda bisnis untuk menghadapi 2022. Untuk mendukung rencananya, produsen alas kaki ini menyiapkan belanja modal lebih dari US$ 1,5 juta untuk tahun ini. 

Country Manager Bata Indonesia, Ajay Ramachandran mengatakan Bata melakukan persiapan terbaik untuk menghadapi 2022, mulai dari toko offline, online melalui e-commerce, sumber daya manusia (SDM), pemasaran, pabrik, dan investasi lainnya. Ajay bilang sampai dengan saat ini persiapannya sudah berada di jalur yang tepat. 

"Secara umum, kami melihat tahun 2022 sebagai tahun yang normal. Kuartal pertama mungkin penuh tantangan karena munculnya dan lonjakan varian Omicron dari Covid 19," jelasnya kepada Kontan.co.id, Rabu (16/2). 

Adapun, Ajay juga melihat bahwa kondisi pandemi Covid-19 di awal tahun ini berdampak pada sedikit keterlambatan pasokan bahan baku dan barang jadi dari China. Kendati menghadapi tantangan, manajemen BATA telah menyiapkan sejumlah agenda bisnis untuk mewujudkan peluang bisnis di 2022. 

Baca Juga: Ace Hardware Indonesia (ACES) Buka Gerai Baru di Cileungsi

Ajay memaparkan, pihaknya akan fokus pada sejumlah agenda yakni pencapaian target topline dan bottomline untuk organisasi, memperluas dan memperkuat toko ritel di lokasi yang tepat. Kemudian, mendorong bisnis e-commerce dan omni-channel melalui situs web perusahaan serta marketplace dan penjualan di toko. Selain itu, BATA juga akan mempertahankan produksi pada tingkat optimal. 

Untuk mendukung keempat agenda bisnis tersebut, Ajay mengungkapkan pihaknya menyiapkan belanja modal yang kuat di 2022 yakni lebih dari US$ 1,5 juta untuk semua agenda bisnis termasuk toko baru, perbaikan toko yang ada, dan implementasi omni-channel.

Namun sayang, Ajay tidak memerinci berapa banyak toko baru yang akan dibangun BATA di sepanjang tahun ini. 

Di akhir tahun lalu, BATA mengumumkan telah mendirikan anak usaha bernama PT Sepatu Bata Online yang pada saat itu beroperasi secara parsial. 

Melansir keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 30 September 2021, Sekretaris Perusahaan BATA, Theodorus Warlando menjelaskan bahwa PT Sepatu Bata Online bergerak di bidang perdagangan eceran melalui media untuk komoditi tekstil, pakaian, alas kaki, dan barang keperluan pribadi dan portal website atau platform digital. 

Baca Juga: Mei 2022, Jaya Trishindo (HELI) akan Uji Coba Bisnis Cargo Drone

Kabar terkini, Ajay menjelaskan bahwa PT Sepatu Bata Online telah memberikan kontribusi yang sangat positif bagi BATA. "Penjualan dari anak usaha sangat menggembirakan untuk 2022 dan kinerjanya jauh di atas rencana. Subsidiary ini dapat mendorong bisnis tambahan 5% dari bisnis kami yang ada," ujarnya. 

Dengan adanya agenda bisnis dan dukungan dari anak usaha barunya, manajemen BATA optimistis menghadapi 2022. Ajay melihat meskipun pihaknya akan mengalami tantangan di Februari dan Maret 2022 karena lonjakan Omicron, kekurangan ini akan ditutupi pada April dan Mei 2022 selama musim Lebaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×