kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini upaya Blue Bird untuk mencegah penyebaran virus corona


Jumat, 05 Juni 2020 / 12:57 WIB
Begini upaya Blue Bird untuk mencegah penyebaran virus corona
ILUSTRASI. Pengemudi taksi menunggu calon penumpang di Stasiun Sudirman, Jakarta. KONTAN?Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Munculnya imbauan physical distancing selama pandemi virus corona, membuat tren penggunaan sekat di mobil meningkat. Partisi ini ada beberapa jenisnya, dari yang murah sampai mahal. Sejumlah sopir taksi online bahkan berimprovisasi memasang sekat partisi dari bahan plastik. Cara ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona antara penumpang dan pengemudi. 

Meski dianggap efektif menanggulangi penyakit, perusahaan taksi Bluebird rupanya tidak begitu tertarik dengan solusi ini. “Sampai saat ini belum ada hasil riset ilmiah yang mengungkapkan bahwa metode partisi plastik ini dapat secara efektif mencegah penyebaran virus Covid-19,” ujar Amelia Nasution, Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk, kepada Kompas.com (4/6/2020). 

Baca Juga: Strategi Perusahaan Transportasi Genjot Layanan Logistik

Amelia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan konsultasi dan studi untuk melihat dampak keamanan dan keselamatan dalam penggunaan sekat partisi bagi pengemudi serta penumpang. “Apakah partisi ini akan berdampak pada kejelasan pandang pengemudi, karena bagi Bluebird keselamatan dan keamanan pelangggan serta pengemudi adalah hal terpenting,” katanya. 

Amelia menambahkan, pihaknya telah berkonsultasi dengan berbagai pakar untuk memahami cara terbaik dalam mencegah penularan Covid-19. Menurutnya, cara pencegahan utama yang disarankan para ahli adalah dengan menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya. 

Misalnya menggunakan face shield agar tidak terkena droplet, sering cuci tangan dengan air, dan menjaga jarak atau physical distancing. Bluebird juga memberikan penyuluhan kepada pengemudi mengenai pencegahan penyebaran Covid-19, dengan melakukan temperature check yang dilakukan sebelum pengemudi beroperasi dan penyediaan klinik di setiap pool untuk memastikan kesehatan pengemudi. 

Baca Juga: Tekanan diprediksi berlanjut di kuartal II-2020, ini strategi Blue Bird (BIRD)

Tak ketinggalan juga membersihkan armada yang digunakan setiap hari dengan menyemprotkan disinfektan, dan menyediakan masker untuk semua pengemudi. “Hal inilah yang dari sejak awal dilakukan oleh Bluebird. Kami juga menyediakan hand sanitizer di setiap mobil untuk penumpang dan menerapkan pengaturan duduk di dalam mobil untuk tetap menjaga jarak,” ucap Amelia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Penyebaran Corona, Bluebird Tak Tertarik Pakai Partisi di Mobil"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×