Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, All New Nissan Livina merogoh belanja iklan terbesar dibanding brand lainnya. Sebesar Rp 12,44 miliar digelontorkan, atau setara 47,15% total belanja iklan otomotif sub industri mobil.
Dalam rilis Adstensity yang diterima Kontan.co.id, Selasa (14/5), disebutkan belanja iklan All New Nissan Livina menduduki peringkat tertinggi baik dari nilai rupiah yang dikeluarkan maupun jumlah iklannya.
Tercatat, brand All New Nissan Livina beriklan sebanyak 537 iklan di televisi atau setara 34% dari total iklan otomotif (mobil dan motor) yang ada selama IIMS 2019 berlangsung pada 25 April – 5 Mei 2019.
Jika dibandingkan dengan IIMS di tahun 2018, belanja iklan seluruh sektor otomotif (mobil dan motor) menurun 37,30%, menjadi Rp 49,14 miliar dari sebelumnya yang sebesar Rp 78,70 miliar. Sementara dari jumlah iklannya, tercatat juga menurun 41,66%, sebelumnya 2.689 iklan menjadi 1.574 iklan.
Berdasar hasil monitoring Adstensity, penurunan ini disebabkan penantian perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Para pelaku industri otomotif yang cenderung berhati-hati dalam berbelanja iklan terkait penyesuaian strategi penjualan produk.
Penurunan belanja iklan dapat dimaklumi jika melihat data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang kuartal I 2019 penjualan mobil secara wholesale menurun 13,07% year on year (yoy) menjadi 253.863 unit.
Sementara All New Nissan memimpin di belanja iklan kendaraan roda empat, Yamaha Indonesia Motor manufacturing memimpin belanja iklan otomotif sub-industri sepeda motor sebesar Rp 14,23 miliar. Ini setara 61,97% dari total belanja iklan seluruh sepeda motor.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News