kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,16   6,41   0.71%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belanja Modal Astra Graphia (ASGR) Tahun Ini Meningkat 20%


Jumat, 24 Februari 2023 / 06:40 WIB
Belanja Modal Astra Graphia (ASGR) Tahun Ini Meningkat 20%


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) mencetak pendapatan bersih senilai Rp 2,9 triliun pada tahun 2022. Pendapatan ASGR turun 11,85% dari capaian tahun 2021 dengan nilai Rp 3,29 triliun. 

Meski top line anjlok, tapi bottom line ASGR masih mampu tumbuh. Laba bersih ASGR naik 11,17% secara tahunan menjadi Rp 97,07 miliar pada tahun buku 2022.

Sebagai bekal ekspansi tahun ini, ASGR menyiapkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sekitar Rp 200 miliar. Alokasi capex dari emiten Group Astra di bisnis printing dan digital services ini lebih tinggi 20% dibandingkan tahun lalu.

Chief of Business Strategy & Development and Corporate Communications ASGR, Satryo Dewandono, mengatakan Astragraphia akan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan biaya operasional dan menetapkan prioritas belanja modal. 

"Kami selalu mengevaluasi pengeluaran capex dan memprioritaskan pada hal-hal yang menopang pertumbuhan bisnis," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (23/2).

Baca Juga: Laba Tahun Lalu Naik 11%, Berikut Penopang Bisnis Astra Graphia (ASGR)

Melalui unit usaha solusi dokumen, solusi teknologi informasi, dan solusi perkantoran, ASGR optimistis bisa mengantongi pertumbuhan pendapatan. ASGR menyiapkan strategi pada ketiga unit bisnisnya tersebut.

Pada unit usaha solusi dokumen, ASGR mengembangkan complimentary product & services dan mempertajam end-to-end solution. Di samping itu, ASGR mengembangkan layanan untuk mendukung proses transformasi bisnis pelanggan seperti workflow solution dan digital document automation.

"Selain itu, Astragraphia juga mengembangkan produk dan solusi pre-press, press, hingga post-press pada industri percetakan graphic art," imbuh Satryo.

Baca Juga: Raih Laba Rp 97 Miliar, Berikut Penopang Bisnis Astra Graphia (ASGR) Tahun Lalu

Pada unit usaha solusi teknologi informasi, ASGR berfokus pada penguatan daya saing di bidang IT services dan pengembangan kapabilitas services di bidang cloud, IT security, analytics & IoT yang menyasar segmen korporasi (enterprise). 

Dari unit usaha solusi perkantoran, ASGR meningkatkan kontribusi dari sektor B2B melalui solusi pemenuhan kebutuhan kantor, layanan di bidang pencetakan, dan 3D printing. "Kami berupaya menjalankan operational excellence di seluruh lini bisnis dan mencari peluang-peluang baru," tandas Satryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×