kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beli tiket KA darimanapun akan sama harganya


Selasa, 24 Juni 2014 / 12:38 WIB
Beli tiket KA darimanapun akan sama harganya
ILUSTRASI. Film The Day Before The Wedding, film Indonesia baru di Klikfilm yang dibintangi oleh Amanda Rawless, Della Dartyan, dan Keanu Campora.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Uji Agung Santosa

PURWOKERTO. Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan calon penumpang dalam pembelian tiket Kereta Api (KA), mulai 1 September 2014 PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menyamakan harga tiket antara channel penjualan tiket eksternal (online) dengan harga di loket stasiun.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi antrean pembelian tiket di loket- loket stasiun yang akhir-akhir ini cukup panjang. Terutama saat menghadapi peak season misalnya masa liburan dan long weekend.

"Seperti diketahui selama ini ada perbedaan harga tiket antara yang dijual lewat channel eksternal dengan harga di loket stasiun. Hal disebabkan karena untuk pembelian tiket di channel eksternal calon penumpang masih ditambah membayar fee penjualan disamping harga pokok tiket," jelas Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop V Purwokerto, Surono, Senin (23/6) malam.

Selama ini sesuai ketentuan PT KAI setiap channel penjualan tiket eksternal diperbolehkan menambah bea pemesanan tiket sebesar maksimal Rp 7.500. untuk setiap lembar tiket KA yang dijualnya. "Mulai 1 September 2014 harga disemua channel penjualan tiket baik eksternal maupun stasiun sama, tidak ada perbedaan harga lagi," imbuhnya.

Kebijakan menyamakan besaran harga tiket pada channel eksternal dan loket stasiun ini dimaksudkan agar calon penumpang merasa nyaman membeli tiket di semua channel/outlet tanpa harus memperhitungkan selisih harga.

"Dengan demikian masyarakat tidak perlu lagi repot-repot antre tiket di loket stasiun untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Kebijakan ini diharapkan akan dapat mereduksi antrean pembelian tiket di loket- loket stasiun, sehingga kenyamanan dan ketertiban akan lebih terjamin," jelas Surono.

Channel-channel eksternal yang dapat diakses untuk pembelian atau pemesanan tiket KA tersebut saat ini terdiri dari mini market Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Tiki JNE, Kantor Pos, Pegadaian, agen resmi tiket, website, aplikasi smartphone dan payment point.

Pemesanan tiket KA melalui website dapat dilakukan dengan mengakses tiket.kereta-api.co.id, tiketkai.com, tiket.com, dan paditrain.com. Kecuali itu pemesanan tiket juga bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone. Pada ponsel Blackberry aplikasi dapat di-download pada Blackberry World dan aplikasi Paditrain untuk ponsel Android.

Sedangkan jaringan payment poin yang melayani pemesanan tiket KA diantaranya adalah Contact Center 121, Citos Conection, Aeroticket, Oke Tiket, Fin Channel, jaringan fastpay BMW, PPOB BRI Delaprasta, PPOB e-Channel Bank Syariah Mandiri, Via Travel, Mitracom, Asia Wisata, ATA Indonesia, dan yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×