kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Berdayakan Masyarakat Sekitar Tambang, Adaro Andalkan Program CSR Istana Kalulut


Senin, 01 Agustus 2022 / 16:30 WIB
Berdayakan Masyarakat Sekitar Tambang, Adaro Andalkan Program CSR Istana Kalulut
ILUSTRASI. Peternak merawat sarang madu kelulut


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), melalui anak usaha PT Adaro Indonesia Tambang Balangan, Kalimantan Selatan terus menerapkan Enviromental Social Governance (ESG) dan Good Mining Practises dengan mengusung program tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) Istana Kalulut di wilayah sekitar tambang.

Program ini adalah upaya melestarikan lingkungan dengan melahirkan petani lebah madu tanpa menebang pohon di hutan. Febriati Nadira, Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Indonesia Tbk, mengatakan Program Istana Kalulut adalah program CSR unggulan Adaro Indonesia. Program pemberdayaan masyarakat yang berbasis utama pada kelestarian lingkungan ini terbukti mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial.  

Menurut  Nadira, Adaro Indonesia, sebagai salah satu perusahaan tambang barubara terbesar di Indonesia, senantiasa menerapkan ESG (environment, social, governance) dan good mining practices (praktik pertambangan yang baik dan benar).

Lingkungan dan masyarakat senantiasa menjadi bagian penting dalam merencanakan tambang. Salah satu yang menjadi acuan adalah Permen LHK No.1 Tahun 2021 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan atau biasa disebut Proper.

"Hingga kini, Adaro Indonesia berhasil mendapatkan Proper Emas 4 kali, yaitu pada tahun 2012, 2019, 2020 dan 2021, antara lain melalui program CSR unggulan kami yaitu Program Istana Kalulut," Nadira dalam keterangannya, Minggu (31/7).

Kata dia, Adaro akan terus menghadirkan berbagai program keberlanjutan, dengan tetap menjalankan peran sebagai penyedia sumber energi bagi pembangunan.

Istana Kalulut merupakan kelompok budi daya madu Kalulut dengan Garang Tama atau Penggandaan Sarang Madu Itama. Garang Tama telah mengubah perilaku masyarakat dari ekstraksi sumber daya dengan illegal logging menjadi budidaya.

“Mitra binaan atau local hero Istana Kalulut adalah Pak Maskuni,” ujar Firmansyah, CSR Section Head Adaro Indonesia.

Menurut Firmansyah, Program “Istana Kalulut” merupakan implementasi program CSR PT Adaro Indonesia yang dimulai sejak 2018. Dalam program Istana Kalulut, Adaro Indonesia berupaya mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat, yang awalnya melakukan panen madu dengan melakukan perburuan dan penebangan pohon, beralih menjadi panen dengan budidaya.

Output dari program ini adalah terjadi peningkatan jumlah petani Lebah Kalulut, penurunan jumlah pohon yang ditebang di areal reklamasi PT Adaro Indonesia, dan masyarakat memanfaatkan budidaya Lebah Kalulut sebagai mata pencaharian mereka. Selain itu, Istana Kalulut menjadi pusat edukasi budidaya Kalulut.

“Melalui Program Istana Kalulut, kami berupaya berupaya untuk mendorong masyarakat agar melakukan budidaya dan inovasi sosial berupa cara pengembangan madu kalulut yang bisa dilaksanakan dipasca tambang sehingga hasil duplikasi dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.  

Program Istana Kalulut merupakan salah satu program yang terus dibina oleh Adaro Indonesia dalam kaitannya dengan sensitifitas kebencanaan untuk pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) di wilayah operasional perusahaan. Hal  itu dilakukan dengan fokus pada produk madu kalulut yang dapat menjadi suplemen untuk mendukung pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Adaro merupakan satu dari 22 peserta peraih dan kandidat emas PROPER 2020-2021 di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengikuti Ajang Proving League 2022 bertajuk “CSR Collaboration : Building Community Resilience and Local Livelihoods Generation” 2022.

Adaro melalui program tanggungjawab sosial dan lingkungan Istana Kalulut menjadi yang terbaik pada kategori “Sustainability Program” pada Proving League 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×