kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berhasil Jalankan Transformasi Bisnis, PLN Lebih Lincah Lakukan Ekspansi


Kamis, 27 Juni 2024 / 16:06 WIB
Berhasil Jalankan Transformasi Bisnis, PLN Lebih Lincah Lakukan Ekspansi
ILUSTRASI. Petugas PLN Jayapura menata peralatan setelah memperbaiki listrik di sepanjang ruas jalan pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Kamis (7/1/2021). Berhasil Lakukan Transformasi Bisnis, PLN Lebih Lincah Lakukan Ekspansi.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Belum lama ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memimpin daftar Fortune 500 di antara seluruh industry utilities: Gas and electric se-Asia Tenggara.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dalam siaran pers pada Sabtu (22/6/2024) mengatakan bahwa pencapaian ini bukan untuk PLN semata melainkan juga untuk nama baik bangsa Indonesia.

Menurutnya, transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan membuat PLN menjadi lebih lincah dalam mengekspansi bisnis sehingga mampu mencetak prestasi perusahaan utilities yang paling terkemu se Asia Tenggara.

Baca Juga: PLN Beberkan Strategi untuk Capai Target Pembangkit EBT 75% dan Gas 25%

Merespons hal tersebut, Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik menyatakan PLN layak menjadi perusahaan Utilitas terbaik di Asean versi Fortune 500.

“PLN sangat layak mendapatkan predikat tersebut karena telah menunjukkan keberhasilannya dalam melakukan transformasi bisnis untuk melayani publik pada sektor penyediaan ketenagalistrikan,” katanya dalam keterangannya, Kamis (27/6).

Dengan melakukan transformasi bisnis, PLN menjadi lebih lincah dalam melakukan ekspansi dalam berbagai hal. 

“Bukan hanya soal bisnis yang tercermin dari peningkatan pendapatan sebesar 10% menjadi Rp 487 trilyun pada 2023. Tapi juga tetap memperhatikan aspek lingkungan dalam menjalankan bisnisnya.”

Agus menjelaskan, PLN juga telah berhasil menjalankan bisnisnya dengan baik tanpa mengabaikan aspek lingkungan yang berkelanjutan.  "PLN tidak hanya menghasilkan keuntungan melalui penyediaan listrik kepada masyarakat, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan. Ini menunjukkan kepedulian terhadap generasi masa depan," tambah Agus.

Baca Juga: Soal Kelanjutan Program Harga Gas Bumi Tertentu, Begini Jawaban Kementerian ESDM

Agus juga mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah diterapkan PLN dalam mencapai transisi energi menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060, serta untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Komitmen ini sangat kuat, terbukti dengan penghargaan Green Leadership Utama yang terus diraih Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo pada Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup 2023 dari KLHK,” pungkasnya.

Fortune 500 merupakan daftar tahunan yang disusun dan diterbitkan oleh majalah Fortune Internasional yang memeringkatkan 500 perusahaan publik dan milik pemerintah.

Selanjutnya: Daya Saing Indonesia Naik, Kepercayaan Investor Diklaim Bakal Meningkat

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (28/6) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×