kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berprospek Cerah, Mustik Ratu (MRAT) Dorong Perluasan Ekspor dan Franchise SPA


Kamis, 30 Maret 2023 / 17:46 WIB
Berprospek Cerah, Mustik Ratu (MRAT) Dorong Perluasan Ekspor dan Franchise SPA
ILUSTRASI. Minyak zaitun Mustika Ratu.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen kosmetik dengan merek Mustika Ratu, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menyambut optimis tahun 2023. Perseroan telah menyiapkan berbagai strategi dan rencana bisnis untuk mendorong kinerja keuangannya. 

Rencana tersebut meliputi, perluasan ekspor, pengembangan inovasi produk baru, hingga ekspansi franchise lini bisnis spa. 

Bingar Egidius Situmorang, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk menjelaskan perseroan meluncurkan terobosan inovasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang masih konsisten. Misalnya saja dari kategori Beauty, Health & Wellness seperti Ultraluscious Matte Lipcream. 

“Inovasi dari Beauty Queen Series ini mampu menjawab pertanyaan pasar karena produk ini diformulasikan khusus dengan keunggulan Hybrid Formula, dimana memiliki kandungan skincare benefits sehingga tidak hanya mempercantik tampilan bibir tapi juga dapat merawat kesehatan bibir,” ujar dia kepada Kontan.co.id, Kamis (30/3). 

Baca Juga: Martina Berto (MBTO) Incar Kenaikan Penjualan Bersih Sekitar 35% pada 2023

Dalam implementasinya, MRAT juga mempertimbangkan faktor internal dan eksternal serta mengevaluasi strategi bisnis yang sudah ada sebelumnya.

Ada beberapa strategi bisnis yang telah dilakukan untuk memperbaiki kinerja Perseroan, di antaranya adalah meningkatkan kualitas produk, diversifikasi produk, meningkatkan penetrasi pasar dan sebagainya.

“Perseroan juga mengerahkan aspek lainnya seperti memperkuat ketersediaan dan visibility produk di toko-toko dan mempromosikan inovasi produk dari beberapa segmen,” katanya. 

Misal, pengembangan produk dari segmen personal care yaitu New-Minyak Zaitun with Essential Oil 55ml dengan tiga varian baru seperti Skin Firming Nutrition, Calming & Soothing dan Restful Night yang memiliki efek untuk menenangkan pikiran dan relaksasi tubuh. 

Perseroan juga mengembangkan produk dari segmen kosmetik Beauty Queen by Mustika Ratu dengan meluncurkan series terbaru yakni Ultraluscious Matte Lipcream.

Selain itu, perusahaan telah melakukan penguatan kanal distribusi produk-produk Perseroan, antara lain dengan cara memperkuat go-to-market strategy produk-produk dalam kategori Holistic Beauty (personal care, decoratives) dan kategori Health & Wellness (suplemen dan minuman jamu/ herbal serta produk-produk keperluan Spa serta horeca) ke semua channel outlet yang relevan.

Di sepanjang 2023, MRAT juga melakukan pengembangan bisnis terutama pasar ekspor dengan adanya perluasan jalur distribusi di berbagai negara, pengembangan dan inovasi produk berupa program untuk meningkatkan brand awareness juga ekspansi program franchise Spa Taman Sari Royal Heritage baik di level nasional maupun luar negeri.

Salah satu wujud pengembangan bisnis terbaru, MRAT berhasil memperluas franchise gerai House of Mustika Ratu (HOMR). Terbaru, MRAT baru saja membuka dan meresmikan gerai baru HOMR Spa di Pakubuwono Residence, di Jalan Pakubuwono VI No.68, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Pendapatan Cisadane Sawit (CSRA) Tumbuh 8,3% Tahun Lalu, Ini Penopangnya

“Rencananya HOMR ini akan dikembangkan menjadi community health & wellness hub para penghuni dengan kegiatan-kegiatan yang menarik seperti kelas makeup, jamu, culinary events, health talks dan lainnya,” jelas dia. 

Sayangnya, untuk target kinerja di tahun ini belum dapat disampaikan oleh manajemen. Namun, perseroan mengklaim alami peningkatan penjualan sebesar Rp 202 miliar di kuartal III-2022 dari sebelumnya Rp 200 miliar di kuartal III- 2021. Produk personal care terdiri dari produk unggulan seperti Zaitun Series complete range, Brightening Bengkoang Series Instabright Glow, Hair Care Series dan Foot Series.

Dengan angka itu, ia melihat prospek industri produk kecantikan dan perawatan kulit dengan berbahan dasar alam memiliki peluang yang bagus dan akan semakin diminati pada tahun 2023. 

Perseroan berharap tahun 2023 mampu menjangkau lompatan yang lebih besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh internal Perseroan, tren produk kecantikan di tahun 2023 akan mengarah pada Sustainable-Beauty yang tidak hanya berfokus pada tampilan fisik, namun juga melalui tubuh yang sehat sebagai bentuk rasa sayang dan nyaman terhadap diri sendiri. 

“Perseroan optimis namun sangat berhati-hati menyambut tahun 2023 mendorong penjualan produk yang sesuai dengan tren dan permintaan pasar secara global,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×